Keefektifan Media Peta Harta Karun Berbasis HOTS Materi Satuan Berat di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keefektifan media peta harta karun berbasis HOTS materi satuan berat di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Lubuklinggau berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan yakni berupa soal tertulis. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian pada uji keefektifan kegiatan pretest diperoleh skor rata-rata yakni 38,10 kemudian nilai rata-rata siswa saat posttest sebesar 82,41. Diketahui nilai N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar 0,72 dengan klasifikasi tinggi sehingga media peta harta karun berbasis HOTS dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari itu berdasarkan rekapitulasi nilai N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest serta didukung oleh penelitian yang relevan maka dapat disimpulkan bahwa media peta harta karun berbasis HOTS materi satuan berat dapat dinyatakan efektif untuk digunakan dalam materi satuan berat kelas II SDN 2 Lubuklinggau.
Downloads
References
Andika, A. Y., & Adityawan, O. (2018). Permainan peta harta karun zonira sebagai media pembelajaran aljabar kelas viii SMP. Sketsa, 5(1), 27–35.
Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746
Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31
Islami, J. M. M., Arianto, F., Dewi, U., Mustaji, M., & Habibi, M. (2024). Pengembangan Media Video pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Lingkungan Inklusif SD Lenterahati Islamic Boarding School. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1409–1421. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2105
Masduriah, H. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(1), 277–285. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Nastiti, S. H., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122
Nuzulia, N., & Zain, E. K. M. M. (2020). Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pelajaran Ips Berbasis Hots Keragaman Suku Dan Budaya Kelas 4 Di Mi Psm Padangan Kabupaten Tulungagung. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 66–79. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.409
Putri, R. S., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pembelajaran Tematik. Journal of Elemantary School (JOES), 5(2), 367–374.
Ramadhaniati, D. P., Wijayanti, R., & Asmah, A. (2021). Pengembangan Permainan Secret Trail Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosiona Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 49–56.
Sari, A. T., & Praheto, B. E. (2023). Pengembangan media peta harta karun untuk pembelajaran membaca pemulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Serut Baru Gunungkidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(3), 241–250. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14555
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. CV. Alfabeta.
Susilowati, A. R., & Saputra, Y. A. (2022). Penerapan Permainan Edukatif ‘Harta Karun’ Berbasis Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 639–660. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.605
Ulfah, M. K., Utaminingsih, S., & Fathurrohman, I. (2021). Keefektifan Media Treasure of Science Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 493. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38790
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penilaian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. PT. Cahya Prima Sentosa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.