Keefektifan Media Peta Harta Karun Berbasis HOTS Materi Satuan Berat di Sekolah Dasar

  • Dea Iintri Oktriyanti Universitas PGRI Silampari
  • Rudi Erwandi Universitas PGRI Silampari
  • Andri Valen Universitas PGRI Silampari
Keywords: Media; Peta Harta Karun; Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keefektifan media peta harta karun berbasis HOTS materi satuan berat di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDI­­E. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Lubuklinggau berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan yakni berupa soal tertulis. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian pada uji keefektifan kegiatan pretest diperoleh skor rata-rata yakni 38,10 kemudian nilai rata-rata siswa saat posttest sebesar 82,41. Diketahui nilai N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar 0,72 dengan klasifikasi tinggi sehingga media peta harta karun berbasis HOTS dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari itu berdasarkan rekapitulasi nilai N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest serta didukung oleh penelitian yang relevan maka dapat disimpulkan bahwa media peta harta karun berbasis HOTS materi satuan berat dapat dinyatakan efektif untuk digunakan dalam materi satuan berat kelas II SDN 2 Lubuklinggau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, A. Y., & Adityawan, O. (2018). Permainan peta harta karun zonira sebagai media pembelajaran aljabar kelas viii SMP. Sketsa, 5(1), 27–35.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Islami, J. M. M., Arianto, F., Dewi, U., Mustaji, M., & Habibi, M. (2024). Pengembangan Media Video pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Lingkungan Inklusif SD Lenterahati Islamic Boarding School. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1409–1421. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2105

Masduriah, H. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(1), 277–285. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Nastiti, S. H., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122

Nuzulia, N., & Zain, E. K. M. M. (2020). Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pelajaran Ips Berbasis Hots Keragaman Suku Dan Budaya Kelas 4 Di Mi Psm Padangan Kabupaten Tulungagung. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 66–79. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.409

Putri, R. S., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pembelajaran Tematik. Journal of Elemantary School (JOES), 5(2), 367–374.

Ramadhaniati, D. P., Wijayanti, R., & Asmah, A. (2021). Pengembangan Permainan Secret Trail Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosiona Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 49–56.

Sari, A. T., & Praheto, B. E. (2023). Pengembangan media peta harta karun untuk pembelajaran membaca pemulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Serut Baru Gunungkidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(3), 241–250. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14555

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. CV. Alfabeta.

Susilowati, A. R., & Saputra, Y. A. (2022). Penerapan Permainan Edukatif ‘Harta Karun’ Berbasis Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 639–660. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.605

Ulfah, M. K., Utaminingsih, S., & Fathurrohman, I. (2021). Keefektifan Media Treasure of Science Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 493. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38790

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penilaian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. PT. Cahya Prima Sentosa.

Published
2024-09-29