Pengembangan Media Interaktif Game Wordwall Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Nilai Etika Siswa Kelas VI SDN Mayangan 4 Kota Probolinggo

  • Isslandy Ayu Hermalia Universitas Panca Marga
  • Ludfi Arya Wardana Universitas Panca Marga
  • Faridahtul Jannah Universitas Panca Marga
Keywords: Pengembangan; Pembelajaran Interaktif, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis wordwall dan juga untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran PPKn kelas VI SDN Mayangan 4 Kota Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall dengan modifikasi, diantaranya yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap perancangan media interaktif, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan uji coba terbatas, dan tahap revisi produk akhir pada pengembangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SDN Mayangan 4 Kota Probolinggo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar praktisi pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentase sebesar 95% oleh ahli media, ahli materi dengan presentase 93%, praktisi pembelajaran PPkn dengan presentase 90%, dan hasil rekapitulasi respon peserta didik dengan presentase 95%. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti valid dan praktis dengan revisi. Berdasarkan hasil penelitian, Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran PPKn Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 dikatakan layak dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2022). Pengembangan Media Magic Box Sikla (Siklus Air) pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 599–606. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2003

Faridahtul Jannah, D. M. (2021). Pedagogy Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TEMA 8 UNTUK SISWA KELAS V SEMESTER 2 DI SDN KADEMANGAN 1 KOTA PROBOLINGGO, 8(2), 59–64.

Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772

Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470

Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2632–2635. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.732

Muadz, M. (2023). Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan Pmm Dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sd Di Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), 680–702.

Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Nana, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99

Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114–14120. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4675

Published
2024-09-29