Analisis Kesulitan Guru dalam Internalisasi Karakter Mandiri Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Inklusi

  • Sindy Wasdiyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Internalisasi, Profil pelajar pancasila, Inklusi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan guru dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini menggunakan 3 orang yaitu guru  pendamping  khusus  siswa  inklusi,  guru  kelas  dan  kepala  sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik  wawancara,  observasi  dan  dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode  miles dan huberman tahap-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis kesulitan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi yaitu terdapat banyak kesulitan atau kendala yaitu kepribadian diri atau sifat dari setiap individu yang sulit untuk dibentuk,  tingkat emosi siswa yang tidak dapat terkontrol, adaptasi diri dari lingkungan, dan faktor orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Bahasa, 1(1), 305.

Febrianti, A., & Supriyadi. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 757–766.

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Mukti, P. Y., & Harimi, A. C. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan …, 9(1), 74–83. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/15561

RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Retnoningtyas, W. A. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 19–25. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/448%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/viewFile/448/426

Septianti, I., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 23–32. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.551

WIDODO, A. (2020). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Madrasah Inklusi (Studi Deskriptif Di Mi Nw Tanak Beak Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.562

Widodo, A., & Umar, U. (2020). Membentuk Nilai-Nilai Keberagaman Melalui Kultur Madrasah Inklusi. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 107–124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.743

Winarsih, B. (2022). Analisis penerapan pendidikan karakter siswa kelas III melalui program penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2388–2392.

Wiratsiwi, W., & Sumadi, S. (2022). Efektifitas Pengenalan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Tunagrahita Ringan di SD Inklusi Melalui Game Interaktif. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 81–87. https://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/12088

Yatmiko. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 77–84.

Published
2024-09-29