The Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pop Up Book Berbasis Augmented Reality pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD
Abstract
Pada penerapan pembelajaran abad ke-21, teknologi telah menjadi bagian penting dari pendidikan. Namun masih banyak guru yang belum mahir untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik lebih sulit dalam memahami suatu materi karena kurangnya media pembelajaran yang dapat menunjang keberlangsungan proses pendidikan itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari implementasi media pembelajaran Pop Up Book berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada muatan pelajaran IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran yang dilakukan dengan subjek penelitian pada kelas IV SDN Joho 03 Mojolaban sejumlah 22 peserta didik. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan tiga fase yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan inferensi data. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan penerapan media pembelajaran Pop Up Book berbasis Augmented Reality pada materi kekayaan budaya Indonesia ini mengalami kenaikan yakni pada siklus 1 menjadi 45% peserta didik yang sudah tuntas dan pada siklus 2 mengalami kenaikan ketuntasan belajar menjadi 86% pada siklus 2 dengan rincian peserta didik yang sudah tuntas berjumlah 19 siswa dari 22 siswa.
Downloads
References
Arifudin, O., & Ulfah. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88/51
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586–595. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Choudhary, Y., Gaurav, Gope, L. M., Gupta, A. K., Sehgal, A., & Virdi, K. (2023). Augmented Reality in Education. International Journal for Research in Applied Science & Engineering Technology (IJRASET), 11(9), 1830–1836.
Dolong, J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293–300. http://alvanghf-alvan.blogspot.co.id/2012/03/relevansi-dan-regulasi.html?m=1
Greener, S. (2015). What do we mean by “student-centred” learning? Interactive Learning Environments, 23(1), 1–2. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1005423
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Mahmud, & Tedi, P. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (I. Suntana, Ed.; 2nd ed.). Tsabita Grafika.
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Ozarslan, Y., & Kesim, M. (2012). Augmented Reality in Education: Current Technologies and the Potential for Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 297–302.
Rohmah, S. N., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Project based learning to improve student learning activeness. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012079. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012079
Sekolah Dasar, D. (2024). Menyiapkan Pendidik Profesional di Era Society 5.0.
Taketa, N., Hayashi, K., Kato, H., & Noshida, S. (2007). Virtual Pop-Up Book Based on Augmented Reality. Human Interface and the Management of Information. Interacting in Information Environments, 475–484.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/download/53/47/
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 87–93. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1793/1487
Yanto, N., GH, M., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 214–220. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1772
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.