Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mesis Madu Berbasis Android Mata Pelajaran IPAS untuk Kelas V Sekolah Dasar

  • Feddy Prasetio Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Sofwan Sofwan Universitas Jambi
Keywords: Media Pembelajaran; Interaktif; Mesis Madu; IPAS.

Abstract

Penelitian ini menggunakann metode penelitian model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Penelitian ini menggunakan sumber data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap subyek penelitian yaitu Siswa-Siswi Kelas V dan Guru di Sekolah Dasar Negeri 73/X Bandar Jaya, Kecamatan Rantau Rasau, Kab. Tanjung Jabung Timur. Pengembangan dilakukan terhadap materi harmoni dalam ekosistem pada pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar yaitu berbentuk media pembelajaran interaktif mesis madu berbasis android. Penelitian ini juga telah divalidasi dengan validator ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Hasil validasi oleh validator ahli pada penelitian ini menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 95% dimana, validator materi memberikan penilaian sebesar 94%, validator bahasa memberikan penilaian sebesar 100% dan validator media memberikan nilai sebesar 92%. Kemudian, hasil kepraktisan penelitian ini menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 98% dari peserta didik dan hasil kepraktisan oleh pendidik sebesar 98%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh peneliti sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran mata pelajaran IPAS untuk Kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arda, A., Saehana, S., & Darsikin, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Education and Development, 8(2), 381–382.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); Ed. Revisi). Raja Grafindo Persada.

Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 38.

Loughran, J, J., Amanda, B., & Pamela, M. (2012). Understanding And Developing Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge. Rotterdam, Netherlands: Sense Publishers.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya (P. Latifah (ed.); Cetakan Pe). Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16.

Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (10th ed.). Jakarta Timur, Bumi Aksara.

Published
2024-09-29