Mengoptimalkan Manajemen Kurikulum untuk Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar

  • Labiibah Shafiyyah Yaasmin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: curriculum management, inclusive curriculum

Abstract

Pendidikan inklusif dipahami sebagai suatu sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus yang belajar bersama anak seusianya di sekolah umum. Dalam hal ini berarti anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti, tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras dan anak-anak berkesulitan belajar lainnya juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Tujuan dari literature review ini adalah menjelaskan bagaimana manajemen kurikulum inklusif diterapkan di sekolah dasar dan menjelaskan hasilnya. Berdasarkan 20 jurnal yang digunakan sebagai penelitian terdahulu dikatakan bahwa dalam membangun lingkungan inklusif yang baik diperlukan kerjasama dari beberapa pihak, diantaranya kepala sekolah, guru, dan orang tua. Guru menjadi faktor utama dalam proses pendidikan inklusif, dan bantuan dari perangkat sekolah yang lainnya dapat memaksimalkan pendidikan inklusif. Dari hasil penulisan literature review dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar dapat optimal apabila tenaga pendidik memahami ruang lingkup dari manajemen kurikulum, ruang lingkup manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum dan juga diperlukan kerjasama dari beberapa pihak yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua. Kurikulum juga harus disesuaikan dengan kondisi ataupun karakter peserta didik berkebutuhan khusus supaya peserta didik berkebutuhan khusus dapat mengikuti pembelajaran seperti siswa normal lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. N. T. (2009). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. ANALISIS PENGARUH BOOKVALUE PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK JAKARTA (STUDI KASUS PERUSAHAAN KELOMPOK LQ-45) Oleh, 5(3), 1–8. http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF

Agustin, I. (2016). MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR SUMBERSARI 1 KOTA MALANG. Education and Human Development Journal, 01(01), 27–30.

Agustina, N., Eka, N., Fuadi, I., & Fitri, A. Z. (2021). The Implementation of Inclusive Curriculum in Al Azhaar Islamic Elementary School and Noble National Academy Elementary School in Creating Children-Friendly School. 462–469.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 94–100.

Dayoh, E., Sulistiyani, Rizka, S., & Zulaika, I. (2020). Peran wakil kepala sekolah dalam manajemen kurikulum di sekolah inklusi sdn banua anyar 4 banjarmasin. 11.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., Dakhi, O., Sakti, U. E., & Padang, U. N. (2020). PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM SEKOLAH INKLUSI BERDASARKAN KEBUTUHAN PERSEORANGAN ANAK DIDIK.

Holifurrahman. (2020). KURIKULUM MODIFIKASI DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD AL-FIRDAUS. Journal of Disability Studies, 7(2), 271–292. https://doi.org/10.14421/ijds.070205

Izzati Sani, R., & Sujarwato. (2015). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISEKOLAH DASAR INKLUSIF Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya BERKEBUTUHAN KHUSUS DISEKOLAH DASAR INKLUSIF. Pendidikan Khusus, 1–8.

Jazuli Khanafi, M. (2020). Implementasi kurikulum pendidikan inklusi di sd negeri gejayan. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, IX, 497–506.

Ma’ruf Choliqul, A., Budiyanto, & Andajani, S. J. (2023). IMPLEMESTASI MANAJEMEN SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BONTANG. 53–58.

Mu’awanah. (2015). PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (EDUCATION FOR ALL) (Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di SD Ringinrejo Kediri). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Negeri Surabaya, 266–276.

Mukaffa, Z., Taufik, & Huda, N. (2017). PENGEMBANGAN MODEL MADRASAH INKLUSIF ( Studi Atas Kesiapan Dan Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif Mi Al-Hidayah Margorejo Surabaya ). 12(1).

Mukarromah, I. (2016). PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN, YOGYAKARTA. 908–917.

Mukhtar. (2019). MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF. Jurnal Al-Rabwah, XIII(2), 122–137.

Mutaqien, I., & Ratnasari, D. (2023). Implementasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi di SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Islamika, 5(1), 265–278. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2766

Nasution, K. (2017). KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS INKLUSI DI TAMAN KANAK-KANAK. 1(3), 90–97.

Natalia, D., & Nisa, A. F. (2020). IMPLEMENTASI MODIFIKASI KURIKULUM PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI ( STUDI PADA SISWA KELAS VI. Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, 06.

Poerwanti, E. (2019). A Reconstruction of Educational Curriculum of Children with Special Needs ( ABK ) for Inclusive Elementary School ’ s Prospective Teachers. 349(Iccd), 179–182.

Rahma, A. N. (2023). Optimalisasi Manajemen dalam Penerapan Inklusi Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Management Education, 1(1), 27–38. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jme

Rahmatika;, N., Dani, R., & Widodo, H. (2020). Sekolah Dasar International Islamic School. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–61.

Salim, A. (2010). Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusif Berbasis Kebutuhan Individu Peserta Didik. Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 21–34.

Sartinah, E. P., & Ashar, M. N. (2020). The Development of The Management of Inclusive Schools Curriculum and Learning Model. RedWhitePress, 4, 263–268.

Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 113. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.927

Sumarni. (2019). Pengelolaan pendidikan inklusif di madrasah. 17(2), 148–161.

Syafi, I., & Rosyidah, L. (2022). Model Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Sekolah Inklusif Adaptive Curriculum Development Model in Inclusive Schools. Jurnal Penelitian Bidang Agama, 13, 67–72.

Wahyuni, A. S., & Ganesha, U. P. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. 12, 118–126.

Published
2024-09-29