Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 27 Kartiasa

  • Dewi Susanti ISBI SINGKAWANG
  • Wasis Suprapto ISBI SINGKAWANG
  • Rini Setyowati ISBI SINGKAWANG
Keywords: Penggunaan gadget; Hasil belajar; Mata Pelajaran IPS

Abstract

Penelitian bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan tingkat penggunaan gadget siswa kelas V di SDN 27 Kartiasa; 2) untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS V di SDN 27 Kartiasa; 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 27 Kartiasa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Ex-postfacto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 27 Kartiasa dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik komunikasi tidak langsung yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penggunan gadget siswa berada pada kriteria cukup (58%), dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kriteria tinggi (74%). Persamaan regresi Y = 74,6592 +(-0,018X) dan 0,005 < 4,171 (Fhitung < Ftabel) tidak berpengaruh, 0,943 > 0,05 (Jika sig > 0,05) tidak berpengaruh, maka dari itu penggunaan gadget tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 27 Kartiasa. Kesimpulan bahwa jika penggunaan gadget siswa tinggi maka tidak ada pengaruh dengan kenaikan hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2018). Laporan Survei Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Diakses 20 Februari 2024 dari https://apjii.or.id/downfile/file/laporansurveipenetrasiinternet2018.pdf

Gunawan, M. A. A, (2017). “Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah di TK PGRI 33 Sumurbroto, Banyumanik”. https://core.ac.uk/download/84728383.pdf. Diakses 21 Desember 2023.

Gifary, S. (2015). Intensitas penggunaan smartphone dan perilaku komunikasi (Studi pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom). Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 41719.

Hablaini, S., Lestari, R. F., & Niriyah, S. (2020). Hubungan penggunaan gadget dengan kuantitas dan kualitas tidur pada anak sekolah (kelas IV dan V) di SD Negeri 182 Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 4(1), 26-37.

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022).Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290.

Khofifa, P. Z. (2023). Implementasi Pemanfataan Smartphone Pembelajaran Pai Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Do SMP Negeri 11 Bogor (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Novianti, Dwi. (2022). “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 105350 Perbarakan”. http://repository.uinsu.ac.id/17386/1/COVER.pdf. Diakses 02 September 2023

Prasetya, F. T. (2022). GAMBARAN PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SD NEGERI GRABAG 3 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Putri, D. A. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodayuh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Salam,Rudi. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Harmony, 2 (1), 7–12.

Selan, D. O. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Siswa Kelas V SDN 03 Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer).

Susilowati, I. H., Kurniawidjaja, L. M., Nugraha, S., Nasri, S. M., Pujiriani, I., & Hasiholan, B. P. (2022). The prevalence of bad posture and musculoskeletal symptoms originating from the use of gadgets as an impact of the work from home program of the university community. Heliyon, 8(10).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sonia. (2023). Hubungan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 8 Singkawang (skripsi). Singkawang: STKIP Singkawang.

WALIID, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Di SMP 01 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Published
2024-09-25