Desain LKPD berbasis Saintifik pada Materi Sifat-Sifat Cahaya di Kelas IV SD Negeri 3 Kabupaten Sorong

  • Elisabet Masbaitubun Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Supritati Fatma Rabia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Heny Sri Astutik Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: LKPD, Saintifik, siswa

Abstract

IPA merupakan ilmu pengetahuan beserta kajian materi yang mengarah pada kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis saintifik pada materi sifat- sifat cahaya kelas IV SD negeri 3 kabupaten sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian Lembar Kerja peserta didik dapat dilihat dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Hasil validasi ahli materi, desain dan bahasa diperoleh kriteria sangat valid dengan presentase ahli materi 95,78%, ahli desain 96,92% dan ahli bahasa 94,54%. Untuk respon peserta didik dengan presentase skor sebesar 77,25% dan untuk soal pretest dan posttest sebesar 0,6. Dengan demikian lembar kerja peserta didik berbasis saintifik sangat Valid, Praktif dan Efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul M. (2012). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran (H. Anwar. PT. Remaja Rosdakarya Offset

Daryanto, E. (2014). Individual characteristics, job characteristics, and career development: a study on vocational school teachers’ satisfaction in Indonesia. American Journal of Educational Research, 2(8), 698-702.

Djumhana, N. (2009). Pembelajaran IPA MI. Bandung: Departemen Pendidikan Agama.

Devi, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Datar Kelas iv Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Devi, N. N. A. (2022). Pengembangan e-LKPD pada materi konsep sifat-sifat cahaya untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IV MI Islamiyah Sukopuro (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Fatimah, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online, 5(4).

Haliq, M. I., Diantoro, M., & Muhardjito, M. (2020). Model Mental dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV SD pada Materi Sifat-Sifat Cahaya melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 70-76.

Harahap, S. (2022). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Kreativitas Materi Sifat-sifat Cahaya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Janah, M. C. (2021). Pengaruh Self Efficacy Dan Readiness To Change Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Intervening.

Khasanah, U. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas IV (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Latifah, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi air sebagai sumber kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155-164.

Ningrum, Y. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pongangan Kecamatan Gunungpati. Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Panjaitan, S. K., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas V Sd. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 242-246.

Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode penelitian kuantitatif, Yogyakarta: Gava Media. Hlm. 109

Rienaldi, P. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran IPA Berbasis Nilai Keislaman untuk Peserta Didik Kelas V (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Susanto, A. (2013). Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Wati, M. K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Segiempat Untuk Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Rambipuji Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika).

Published
2024-09-29