Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local wisdom Papua Barat Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa SDIT Mutiara Insan Kabupaten Sorong Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Grub pretest postest. Penelitian ini menggunkan tiga pengujian untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom yaitu perama uji N-gain digunakan untuk mengetahui kategori peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan modul, kedua Uji normalitas dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 26 untuk mengetahu data berdistribusi normal, ketiga Uji Paired Sample T-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil n-gain score menunjukan nilai rata-rata 0,77>0,7 sehingga dikategorikan tinggi. Sedangkan uji t-test menunjukan signifikan sebesar 0,000<0,005 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga perlu untuk terus dikembangkan modul pembelajaran yang berbasis local wisdom karena terbukti mampu untuk menarik perhatian siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat.
Downloads
References
Modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika digunakan dalam pembelajaran. Mengingat hasil penerapan modul sangat efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dan didukung oleh hasil penelitian terdahulu yang mengkaji topik yang relevan maka diharapkan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat dapat digunakan di sekolah. Karena proses pembalajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan budaya lokal terbukti mampu menarik perhatian, mengaktifkan siswa dalam menyampaikan pendapat, bertanya menjadikan pembelajarn bermakna bagi siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Hasil penelitian ini juga dapat penjadi reverensi bagi peneliti yang akan mengkaji variable yang sesuai dengan penelitian ini.
DAFTAR RUJUKAN
Anggramayeni, A., Yolida, B., & Marpaung, R. R.T. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal terhadapAktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5). Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia.Vol 2, (1). 78-81
Damayanti, A. N., Oktavianti, I., & Ardianti, S. D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pati Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Jrahi 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 541-550.
Eka, L., Widiari, R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E- Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya.7(1),18–27.
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102.
Handayani, M. (2018). Developing Thematic integrative learning module with problem-based learning model for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176.
Hidayati, S. (2023). Pengembangan Modul Bergambar Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).
Juanda, A. (2019). Pembelajaran kurikulum tematik terpadu. Teori dan praktik Pembelajara Tematik Terpadu Beroientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis.
Kartini, T., Iqomah, R., Badriyah, U. L., Aditya, R., Pitriani, P., Nugraha, W. S., & Ilmi, I. (2023). Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Di Desa Cibanten. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(1), 30-40.
Khusna, N., Shufa, F., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Lestari, I. D. (2022). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Model RADEC Pada Subtema “Manfaat Energi” Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 71–76.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oktavia, N., Hilmiyati, F., & Khaeroni, K. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Tema Globalisasi Subtema Globalisasi di Sekitarku dengan Pendekatan Budaya Lokal Banten. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 99-112.
Qiftiyah M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Pada Tema Peristiwaa Dalam Kehidupan Terintegrasi Dengan Ayat-ayat Al-Qur’an Kelas V MI/SD. Skripsi SI. Uneversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sari, P. P., Pangestika, R. R., & Khaq, M. (2023). Pengembangan Media Komik Bermuatan Kearifan Lokal dan Karakter Pada Kelas IV Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 136–145.
Savitri, F. A., & Setiawan, D. (2018). Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 58–63.
Siswoyo. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Tamrongkunanan, T., & Tanitteerapan, T. (2020). Development of required knowledge and skills among students through applied learning modules. International Journal of Instruction, 13(4), 695–714.
Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.
Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Stm (Sains, Teknologi Dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD),6(1),21. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2s d.v6i1.5 899
Yulianto, A., & Yumame, A. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintific Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 196–206.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.