Metode Read Aloud Berbantuan Flash Card untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

  • Siti Mufidah Universitas Negeri Malang
  • Supriyono Supriyono Universitas Negeri Malang
  • Sri Rahayuningsih Universitas Negeri Malang
Keywords: Read aloud; Flashcard; Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode read aloud berbantuan flashcard untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Subjek dari penelitian ini yaitu Guru kelas I beserta siswa kelas I SD yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian dari penelitian ini pada siklus I diketahui siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 47% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 17 siswa atau 53% dari 32 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus I sebesar 59,25%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode read aloud berbantuan flashcard untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan di kelas I belum berhasil. Sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 26 siswa atau 81% sedangkan yang yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 19% dari jumlah keseluruhan 32 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus II sebesar 72,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode read aloud berbantuan flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Dony, M. T. P., Indarti, T., Subrata, H., Studi Magister Pendidikan Dasar, P., & Universitas Negeri Surabaya, P. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3989

Fitri, A., Ermiana, I., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Gugus III Kecamatan Ambalawi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2402–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.985

Kaunar, N., Somadayo, S., Srinawati, R., Program, M., Pendidikan, S., Sekolah Dasar, G., Dosen, ], Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KOTA TERNATE. In Jp (Vol. 10, Issue 1).

Maryanto, P., Ika, R., Adhitya, I., & Chrismastianto, W. (2018). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN BENTUK HURUF SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH ABC MANADO. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan .

Mukharam, I., Ruswan, A., & Sri, N. (2021). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 Tersedia daring pada: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Reading Aloud pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Novelita, N., Neviyarni, & Irdamurni. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Suku Kata di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 9, 1633–1652.

Nurhuda, A. W., Henu Cahyani, B., Havifah, B., Dasar, P., & Sarjanawiyata Tamansiswa, U. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD “X.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.

Rahmawati, N., & Pandjaitan, L. N. (2020). Penerapan Metode Multisensori untuk Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD X Bangkalan. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 16(2), 2503–0949. https://doi.org/10.32528/ins.v%vi%i.2117

Suriani, Sahrudin, & Efendi. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10).

Susilawati. (2021). PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 8 MENTENG The Influence Of Flashcard Media On The Vocabulary Of Class I Students Of Sdn 8 Menteng. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 7(1), 73–81. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 22–33.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Zakiyyah, E. F., Mulyani, S., & Fajrussalam, H. (2023). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 210–218

Published
2024-09-30