Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Cengkareng Timur 15 Pagi

  • Natalia Angriany Panjaitan Author
  • Iva Sarifah PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Chrisnaji Banindra Yudha PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pola asuh; hasil belajar; matematika; sekolah dasar

Abstract

Hasil belajar adalah proses untuk melihat perkembangan siswa dalam menguasai pembelajaran setelah melalui proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi ialah faktor eksternal yaitu pola asuh orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Cengkareng Timur 15 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis ex post facto. Subjek penelitian ini adalah 47 siswa kelas V SDN Cengkareng Timur 15 Pagi. Teknik pengumpulan menggunakan angket. Analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh otoriter berpengaruh 66%, pola asuh demokratis berpengaruh 78%, dan pola asuh permisif berpengaruh 87% terhadap hasil belajar matematika. Uji-f diperoleh nilai signifikan 0,025 < 0,05 dan perolehan nilai R Square 0,537 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sejumlah 53,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Adawiah, Rabiatul. “Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor.” Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2017): 33–48.

Aslan, Aslan. “Peran Pola Asuh Orangtua Di Era Digital.” Jurnal Studia Insania 7, no. 1 (2019): 20.

Ayun, Qurrotu. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Karakter Anak.” Jurnal IAIN Salatiga 5, no. 1 (2017). Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Diah Fitasari, Ni Putu, Ni Wayan Suniasih, and Gusti Ngurah Sastra Agustika.“Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika Dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening.” International Journal of Elementary Education 3, no. 4 (2019): 404.

Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era grobalisasi. Pedagogi, II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.

Fitasari, N. P. D., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404-412.

Havighurst, S. S., Chainey, C., Doyle, F. L., Higgins, D. J., Mathews, B., Mazzucchelli, T. G., Zimmer‐Gembeck, M., Andriessen, K., Cobham, V. E., & Cross, D. (2022). A review of Australian Government funding of parenting intervention research. Australian and New Zealand Journal of Public Health.

Indraswari, Lulun, Anggun Wiji Lestari, and Ratri Candra Hastari. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal−Soal Hots Materi Segiempat Dan Segitiga Ditinjau Dari Gender.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2019): 65.

Maulida, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128-141.

Nasir, A. H. K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 365-373.

RAHMAWATI, R. (2018). POLA ASUH ORANG TUA SISWA DI SMA NEGERI 2 GOWA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Riany, Y. E., Cuskelly, M., & Meredith, P. (2018). Psychometric properties of parenting measures in Indonesia.

Sinurat, Y., Silaban, P. J., & Sari, A. S. P. (2022, July). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 060833 Medan Petisah. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 17-28).

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122-128.

Widarto, M. P., & Pd, M. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuly Sakinatul Karomah, A. W. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60.

Yunita, R., Neviyarni, S., Syarifuddin, H., & Fitria, Y. (2020). Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(3), 571-576.

Published
2024-09-29