Metode Diskusi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

  • Krisdayanti Fifi Bless Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode Diskusi; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres 111 Temel Kabupaten Maybrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan jenis Pretest Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas V sebanyak 15 orang yang ditentukan berdasarkan penarikan sampling jenuh. Jenis pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan instrument penelitian lembar observasi untuk memperoleh data penerapan metode diskusi dan instrumen tes untuk mendapatkan data hasil belajar IPA. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok memperoleh hasil positif, pemahaman materi dan konsep dari IPA dengan metode pembelajaran diskusi ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan metode diskusi. hasil uji t menunjukan signifikansi terhadap hasil posttest adalah 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3.791 > t tabel 2.057 dimana H0 di tolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode diskusi pada pembelajran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin Nata, (2018) Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta:Kencana, 18
Abdurrahman,M. (2016). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya
Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. ( 2012 ) Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3,), h. 3
Hangin, Helarina. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Diskusi Kelompok di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 12
Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media
Hartini (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SDN Langgeharjo 02. Naskah Publikasi Ilmiah , I ,12-14
Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Ika, 16(1), 1-11.
Mohammad Efendi (2017) yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. Skripsi I, 67- 75
Murwanti, K., Uliyanti, E., & Sabri, T. (2014). Penggunaan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(9).
Nasih, Ahmad, Munjin dkk. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: PT Refika Aditama
Oktapia, Suryanty. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Melalui Metode Kerja Kelompok Pembelajaran IPA Kelas II SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2.
Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193-198.
RIMAN, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tema 5 di Sekolah Dasar melalui Penerapan Metode Diskusi. Pedagogiana, 8(84), 333671.
Robat, Mateus. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Kelompok Pembelajaran IPA Kelas III SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2.
Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sumadi Surya Subrata, (1995) Psikologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada:), h. 249
Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yoyakarta: Pustaka Belajar
Usman, Moh Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Vera Dhewanti (2015) yang berjudul “Pengaruh Metode Ceramah dengan Reward (Penghargaan) dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Terkait Materi Bangun Datar Segi Empat SD N 12 Karangrejo Tulungagung. Skripsi
Published
2024-05-31