Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa SD PGRI Serui

  • Andi Nurhartina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Papua
  • Isak Torobi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Papua
Keywords: Metode Outdoor learning; IPS; Motivasi.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk (i) mengetahui gambaran pelaksanaan metode outdoor learning pada mata pelajaran IPS di SD PGRI Serui, (ii) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD PGRI Serui, (iii) mengetahui pengaruh pelaksanaan metode outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran di SD PGRI Serui. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik systematic random sampling. Instrumen penelitian ini ialah rancangan pembelajaran dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa serta instrument angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulannya; (i) Pelaksanaan metode ourdoor learning dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV dilaksanakan melalui 10 tahapan, dimana hasil observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik; (ii) Motivasi belajar IPS siswa kelas IV setelah penerapan metode outdoor learning dalam pembelajaran mengalami peningkatan hasil belajar, dimana hasil belajar berada pada kategori tinggi; (iii) Ada pengaruh pelaksaan metode outdoor learning terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD PGRI Serui.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Farasiah, Riza. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Pondok Karya Tangerang Selatan. Tesis. Tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana UIN Jakarta.

Hamalik Oemar, (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husamah. (2012). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vera, Adelia. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press.

Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi & metode mengajar siswa diluar kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Published
2021-01-12