Pemanfaatan Permainan Tradisional Intingan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 77 Rante Lemo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui pemanfaatan permainan tradisional intingan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 77 Rante Lemo dengan jumlah siswa yaitu 11 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan soal tes. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya permainan tradisional intingan dimana pada siklus I ada 7 siswa yang sudah tuntas sesuai dengan KKM dan 4 siswa belum tuntas dengan presentase ketuntasan 64% dan nilai rata-rata 72,72, sedangkan pada siklus II ada 10 siswa yang sudah tuntas dan hanya 1 siswa yang belum tuntas dengan presentase ketuntasan 91% dan nilai rata-rata 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan permainan tradisional intingan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN 77 Rante Lemo.
Downloads
References
Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered-Head Together Berbantu Media Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iii Sdn Bendungan Semarang. Jurnal Guru Kita PGSD, 2(3), 47. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10383
Astuti, P., & Hidayat, M. S. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dengan Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI MA’ARIF Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2023/2024. 3(2), 1–7. https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i2.5962
Atfal, M. F. (2023). Penerapan permainan tradisional engklek dalam meningkatkan hasil belajar di sd negeri 024 samarinda utara tahun 2022. 7(2), 183–191. https://doi.org/10.24903/pm.v9i1
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Dilla, Syar, N. I., & Supriadi, G. (2021). Pembelajaran Matematika melalui Permainan Tradisional pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogika, 12(1), 61–76. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.600
Fauziah, A., Erawati, E., & Annisa, C. (2020). ENGKLEK GEN 4 . 0 ( STUDI ETNOMATEMATIKA : PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ). 3(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/f
Gita Anggraini, H. P. (2020). Peranan Permainan Tradisonal Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. 6, 87–101. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.952
Gita Kencanawaty, A. I. (2017). Penerapan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Berbasis Budaya.
Haryati, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Model Belajar Sambil Bermain Perbantuan Media Monopoli (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017). Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 02(01), 187–194. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2
Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.34164
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Khoerunnissa, Nazla R, Y. S., & Eva, Z. N. (2023). Eksplorasi konsep matematika pada permainan tradisional kelereng dan engklek. 4(3), 803–812. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1195
Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN 1 Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 5(3), 7095–7103. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1497
Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. do muhamad, & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017 – 2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085
Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Simanjuntak, J., Tambunan, H., Studi, P., Pendidikan, P., & Matematika, M. P. (2021). ETNOMATEMATIKA : EKSPLORASI PERMAINAN ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( ETNOMATHEMATICS : EXPLORATION OF ENGKLEK GAMES AS A MATHEMATICS LEARNING MEDIA ). 5(2). https://doi.org/10.36764/jc.v5i2.664
Sulkar, A. (2017). Pengaruh permainan congklak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas ii sdn 248 laikang kebupaten bulukumba.
Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Supardi, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.21831
Suryana, Y., & Giyartini, R. (2021). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Engklek terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Jaring-Jaring Kubus. 8(2), 254–264. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i1
Teni, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6, 371–376.
Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 19–24. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.247
Yanti, Y. R., Sari, E., Azzahra, M., & Semarang, U. N. (2022). Penerapan Metode Etnomatematika Pada Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Datar Matematika Jenjang Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4(Sandika IV), 612–618.
Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). Kesulitan Belajar Di Sekolah. 2(2), 1–10.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.