Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili

  • Ikhwatul Mujahadah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Alman Alman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mukhlas Triono Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Pembelajaran Komik, Hasil Belajar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Komik sebagai media pembelajaran Matematika,  meningkatkan hasil belajar Matematika, dan meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Malawili pada pembelajaran Matematika tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Design Research dengan mengacu pada model Thiagarajan atau dikenal dengan model 4-D, yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate.  Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket, lembar validasi, dan soal. Data yang diperoleh dari soal, angket, dan lembar validasi dianalisis secara kuantitatif lalu dikonversikan menjadi data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: media pembelajaran komik Matematika tahap pengembangan pada tahap ini penilaian kelayakan Media Pembelajaran memperoleh rata-rata skor 77,67 yang termasuk kategori sangat baik menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Komik Matematika layak digunakan. Tahap Uji Keefektifan kepada 16 Peserta Didik Kelas III memperoleh persentase hasil belajar sebanyak 87,5% juga rata-rata skor nilai 80 dan Minat Belajar Matematika memperoleh interpretasi rata-rata sebanyak 33,56. Hal tersebut menunjukkan bahwa Media Pembelajaran  Komik Matematika dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar Matematika maka kesimpulannya adalah Media Pembelajaran Komik Matematika dapat meningkatkan hasil dan minat belajar Matematika peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Malawili.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan, L. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-A SMPN Sukasari Sumedang. Jurnal Pendidikan, II(3 September 2016), 18–26.

Ambaryani, A. S. G. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan, 3(1), 19–28.

Apriyanti F. (2012). Pengaruh Pemanfaatan Media Komik Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Budiarti, W., & Haryanto, H (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.

Herrington, J., McKenney, S. Reeves, T.C., & Oliver, R. (2007). Design-based research and doctoral students: Guidelines for preparing a dissertation proposal. Proceedings of World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications (pp. 4089-4097). Chesapeake, VA: AACE.

Hidayanti D. (2015). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Edutainment untuk Memfasilitasi Pencapaian Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP/MTS Kelas VIII pada Pokok Bahasan Lingkaran. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Huda N, Astono J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Android-Based Game untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Kelas X SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Pendidikan Fisika. 7(1): 61-73.

Irma, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SMK Tuma’Ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2), 105–114.

Jailani, I. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Lidinillah M.A.D. (2012). Design Research sebagai Model Penelitian Pendidikan. Artikel Kepenulisan Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students ’learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan, 2(2), 188–201.

Noor, P. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga Bahasa dan Sastra, 1(2), 75–105.

Nurrita T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171-187.

Rahma, I.F. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam. 14(2).

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi. Jurnal Psikoborneo, 5(2), 400–405.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. Jurnal Pendidikan, 6(1), 35–43.

Siregar Rosliana, S. A. P. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Komik Matematika Dengan Bantuan Power Point Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMK Istiqlal Delitua. Journal Mathematics and Science, 3(1), 91–100.

Supriyono & Bahtiar R.S. (2013). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Lingkungan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. 1(2).

Triono M, Retnowati, E. (2019). Validity assessment of a multimedia based on cognitive load theory for undergraduate plane geometry learning Validity assessment of a multimedia based on cognitive load theory for undergraduate plane geometry learning. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012084

Witanta V.A, Baiduri, Inganah S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.1(1),

Published
2021-01-31