Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong

  • Shalatsi Havisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Teguh Yuliandri Putra Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode Suku Kata; Media Kartu Huruf; Kemampuan Membaca Permulaan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh medote suku kata menggunakan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Pre-Exsperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah majaran Kabupaten Sorong dengan sampel kelas I yang berjumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi siswa, RPP, instrument kemampuan membaca dan media kartu huruf. Data yang diperoleh pada penelitian selanjutnya diuji normalitas sebagai uji prasyarat untuk melakukan uji hipotesis.Uji hipotesis yang digunakan yaitu N-Gain dan One Sampel t-Test. Hasil uji realibilitas soal pre test diperoleh Cronbach’s Alpha sebesar 0.617 dan uji realibilitas soal post test sebesar 0,647. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test 58,93 dan nilai post test 80,86. Dari perhitungan One Sampel t-test diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,637 >2,160  Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode suku kata menggunakan media kartu huruf memberi pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa dimana kemampuan membaca siswa menjadi meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang. Jurnal Al-Ta’lim.

Ari, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B2 Ra Ma’arif Nu karang Tengah Kertanegara Puralingga.

Dewi, L. P. R., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Kelas I SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270-276.

Haryanto, dan Rahman, B. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2 Improving. Jurnal Prima Eduasia.

Kambu, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Baca pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 1(1), 36-44.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center).

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.Jurnal Akuntansi Indonesia.

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat Banjarsari Surakarta Tahun2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha.

Nursalim, dan Sudibdo, D. (2018).Pengembangan Egra Untuk Mengukur Kemampuan Baca Tulis Siswa Sd Kelas Awal Di Daerah Pinggiran Dan Terpencil 30 Sekolah Dasar Kabupaten Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengambdian Masyarakat.

Rahim, Farida. (2012). Pengajaran Membaca di Sekolah dasar.Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta,cv.

Somadoyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syatauw, G.R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2 (2), 80-86.

Vuri, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar Kelas Rendah.Jurnal Ilmiah Guru.

Zuchdi, Darmiyati. (2012). Strategi Meningkatkan Kemampuan membaca (Peningkatan Komprehensi).Yogyakarta: UNY Pres.

Published
2021-01-31