Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksperimen digunakan pada penelitian ini. Populasinya adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 15 peserta didik, dengan sampel berjumlah 15 peserta didik yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan dokuementasi. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Kolmogorov Smirnov yaitu 0.200. Hasil data analisis uji paired samples test menunjukan bahwa nilai T yaitu -3.644- dengan df yaitu 14. Berdasarkan criteria, jika p –value < ɑ (0.05), then H0 (Hipotesis nol) di tolak dan HA (Hipotesis Alternatif) di terima. Itu berarti bahwa adanya pengaruh metode Lompat Sambung Kata terhadap minat membaca pada kelas III antara pre-test dan post-test. Maka P-value yaitu 0.000 < ɑ (0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode lambunta terhadap minat membaca peserta didik.
Downloads
References
Anwar Efendi Nasution, M. w. (2019). E-KOMPEN (Elektronik-Komik Pendek) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. Jurnal Iqra', 105-114.
Dika Zuchdan Sumira, D. T. (2018). Pengaruh Metode Scramble dan minat baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 62-71.
Enny Apriliyanti, A. H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Animalia. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 1-10.
Khotimah, A. K. (2016). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Peserta didik Kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.
Najamiah. (2017). Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kec. Rappocini Kota Makassar. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.
Narulita, S. I. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Jendela Kata pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Genting Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 . Naskah Publikasi, 1-14.
Oktaviani, M. E. (2017). Korelasi Minat Baca Terhadap Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas VI MIN 1 Lampung Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Pitriani, K. ,. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Suku Kata Terakhir Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas V MIN. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar FKIP Untan Pontianak, 1-7.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Silaus.web.id. (2019). Silabus.Web.Id. Retrieved Desember Minggu, 2019, FromHttp://Www.Silabus.Web.Id/Pengertian-Peserta-Didik/
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Uswatun Chasanah. (2019). Pengaruh Pasukan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta didik SMP Negeri 5 Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Zakirman. (2019). Peningkatan Minat Baca Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Play-Think-Pair-Share Di SDN 19 NAN SABARIS. jurnal perpustakaan, arsip dan dokumentasi, 11, 41-51.
Zaky. (2018). ZonaReferensi.com. Retrieved 2019 Kamis, 2019, from https://www.zonareferensi.com/penegertian-metode-pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.