Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini (experiment quasi). Sampel penelitian yaitu 15 peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan 15 peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pre-test dan soal post-test. Teknik analisis data menggunakan hasil Uji t. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Hasil perhitungan Uji N-Gain, menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai N-Gain score untuk kelas eksperimen (metode demonstrasi) adalah sebesar 51.1695 atau 51% termasuk dalam kategori kurang efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 38.4839 atau 38.5% termasuk dalam kategori tidak efektif. Hasil uji indipendent sample t test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.280 dan nilai 0.280 > 0,05 maka H0 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas eksperimen tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Downloads
References
Agus Eka Saputra & Slamet Priyanto. (2016). "Penerapan Metode Demonstrasi Dan Media Film Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam pembelajaran Dan Prestasi Belajar Sistem Rem, "Jurnal Taman Vokasi, 4(2), 4.
Aisyah. (2014). Pengaruh Metode Demonstrasiuntuk Menngkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Pada Materi Pembiasan Cahaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrul, A., Tiro, A. R., & Risakotta, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 37-42.
Dimas Endar Septian. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kemampuan Gerakan Salat Siswa Kelas 5 Sd N 1 Panggang Gunungkidul. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elektro, J. T., Teknik, F., & Semarang, U. N. (2015)"Penggunaan Model Demonstrasi Dalam Materi Ajar Instalasi Sistem Operasi," Jurnal Dinamika 5(3), hal. dj6–13.
Fikria Trisnawaty Dan Slameto. (2017)"Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 4 Sd," Jurnal Satya Widya 33(1), hal. 37–44.
Gafur, A., Smpn, G., & Nggoang, S. (2018) "Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018," Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 2(1), hal. 144–161.
Hanafy, S., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J.,Email, S. (2014) "Konsep Belajar Dan Pembelajaran," Jurnal Lentera Pendidikan 17(1), hal. 66–79.
Kumala. Nur Farida. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Edisi Infografika.
Nuraini, F. Dan R. F. (2016) "Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak," Ar-Razi Jurnal Ilmiah (Februaru 2018) 6(1).
Padangsidimpuan, I. (2017)"Belajar Dan Pembelajaran," Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman (Desember 2017), 03(2), 333–352.
Pindo Hutauruk, R. S. (2018)"Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelsudjaajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14," School Education Journal (Juni 2018), 8(2).
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2013). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Susiloningsih, W. (2016). "Model Pembelajaran Ctl ( Contextual Teaching And Learning ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Matakuliah Konsep IPS Dasar." Jurnal Pedagogia 5(1), hal. 57–66.
Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tiflah Addina Khairiah NST. (2018) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sub Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Di Kelas V Min Medan Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Widayanti, L. (2013). "Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.