Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD YPK 4 Pniel Kota Sorong

  • Riskyani Arifuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Yulianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Alman Alman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pendekatan Saintifik; Deskriptif Kuantitatif; Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD YPK 4 PNIEL Kota Sorong, dengan melibatkan responden sebanyak 30 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yakni menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar, dilihat dari thitung > ttabel, yakni 3,314 > 2,048, dan berdasarkan nilai sig yakni 0,03 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun kualitas pengaruh yang diberikan adalah sebesar 28,2%, sedangkan 71,2% disebabkan oleh faktor lain diluar dari motivasi belajar. Berdasarkan data hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar. Pendekatan saintifik dapat menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrul, A., Ridlo, S., & Susilo, S. (2018). Creative Thinking Analysis, Motivation and Concept Mastery on Learning of Cooperative Discovery Model in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 48-56.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang

Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan, Jenis Dan Metode Penelitian Pendidikan. T.P: Jakarta.

Lawson, Anton, et al. (2000). Development of Scientific Reasoning in College Biology: Do Two Levels of General Hypothesis-Testing Skills Exist?. 37(1). 81–101. National Science Foundation.

Lawson, E.T., Gordon, C., Mensah, A., &Atipoe, e. (2015). Developing Tools for Community-Based Environmental Education for Migrant Children adn Youth in Ghana. Journal of Education and Learning, (online), Vol.4, No. 2.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9 (1), 29-36.

Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Raya Grafindo Persada : Jakart.

Neeman, Y.P., & Barak, M. (2013). Exploring Students’ Perceptions about Learning in School: An Activity Theory Based Study. Journal of Education and Learning, (online), Vol.2, No. 3.

Puspitasari, Dewi A.W. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sadriani, S., Rede, A., & Darmadi, I. W. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Sains Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Sidondo. Jurnal Kreatif Online, 6(3).

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013.

Sardiman, A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D. Alfabeta : Bandung.

Sumayasa, I. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Dantes, N. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Published
2021-01-31