IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG

  • Abdul Gani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jumadi Jumadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Moderasi Beragama, Toleransi, Unimuda Sorong, al-Islam.

Abstract

Isu moderasi beragama merupakan topic yang hangat diperbincangkan di Indonesia baik itu dari kalangan akademisi, birokrasi pemerintah, hingga ormas keagamaan. Topic ini bukanlah suatu perdebatan dalam temporal waktu tertentu, melainkan moderasi dan toleransi adalah kebutuhan atas keberagaman identitas Suku, Ras, maupun Agama di Tanah air yang harus selalu dipupuk dari masa ke masa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi moderasi beragama pada Mata Kuliah al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) dalam merajut Moderasi beragama di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong Provinsi Papua Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam pelaksanaan mata kuliah al-Islam Kemuhammadiyahan mahasiswa baik itu yang Muslim dengan presentase 30% maupun mahasiswa Nasrani dengan presentase 70% mampu menjalin interaksi yang harmonis. Namun tidak dapat dipungkiri dibalik interaksi yang terjalin terdapat potensi konflik Suku Agama dan Ras (SARA) yang begitu kuat, beberapa insiden di tanah Papua  menunjukan SARA adalah perkara fundamental yang dapat memicu konflik. Walau SARA merupakan tiga variable berbeda, namun ketika insiden tertentu terjadi maka ketiga hal itu bisa saja berubah menjadi satu. Tetapi, selama masing-masing pihak mampu memainkan peran dengan baik dengan tidak mudah termakan profokasi yang merugikan, potensi ini bisa diredam walau tetap tidak dapat diabaikan dan diremehkan begitu saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Agama RI, TANYA JAWAB MODERASI BERAGAMA, cetakan pertama oktober 2019
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Ali Nurdin. (2019). Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. ISLAMICA : Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 82–102.
Aziz, A. (2020). AKAR MODERASI BERAGAMA DI PESANTREN (Studi Kasus di Ma’had Aly Sukorejo Situbondo dalam Terbentuknya Nilai-Nilai Moderasi Beragama). Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 142. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i1.348
Mahyuddin, Rustam Magun Pikahulan, M. F. (2020). Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan. Kuriositas, 13(1), 103–124.
Nursyam. (2019). ISLAM NUSANTARA BERKEMAJUAN SEBAGAI BASIS MODERASI ISLAM DI INDONESIA. ISLAMICA : Jurnal Studi Kesislaman, 13(2), 236–255.
Ramli, R. (2019). Moderasi Beragama bagi Minoritas Muslim Etnis Tionghoa di Kota Makassar. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 12(1), 135–162. https://doi.org/10.35905/kur.v12i2.1219
Rasid, R., Djafar, H., & Santoso, B. (2021). Alfred Schutz’s Perspective in Phenomenology Approach: Concepts, Characteristics, Methods and Examples. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 190–201. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.18
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Published
2022-02-26