PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI QAWAID MELALUI METODE MIND MAP BAGI MAHASISWA TAMHIDY MA’HAD BILAL BIN RABAH SORONG TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan mengubah tingkah laku seseorang, di mana adanya interaksi antara guru dan peserta didik. Dalam pembelajaran dibutuhkan adanya sebuah metode yang tepat agar tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Mata pelajaran bahasa Arab adalah mata pelajaran yang harus mahir di empat bagian yaitu pendengaran, penglihatan, penulisan dan pengucapan, untuk mahir berbahasa Arab maka harus menguasai materi qawaid. Urgensi bahasa Arab tentunya dilatarbelakangi sebagai bahasa Al-Qur’an al-Karim, bahasa shalat, bahasa al-hadits, dan bahasa internasional. Ma’had Bilal Bin Rabah ditempuh selama lima semester yaitu dimulai pada tingkatan kelas tamhidy atau persiapan. Metode mind map dapat dijadikan salah satu solusi dalam membantu dosen untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran qawaid. Penelitian ini hendak mengungkap bagaimana metode meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab materi qawaid kelas tamhidy di Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong tahun ajaran 2018/2019, penghambat serta pendukungnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan bidang keilmuan manajemen kerangka berfikir. Dalam menentukan subyek penelitian mengunakan model puposive sampling, tepatnya yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas tamhidy yang berjumlah 26 mahasiswa. Selanjutnya teknik dalam mengumpulkan data meliputi; metode observasi, metode interview atau wawancara secara mendalam, metode dokumentasi dan menggunakan angket tes tulisan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini meliputi; (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode mind map dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap teaching, team study, dan tahap penghargaan kelompok. (2) peningkatan hasil belajar mahasiswa tamhidy melalui metode mind map mengalami peningkatan pada tiap tindakan siklus. (3) hasil dari peningkatan per siklus dapat ditarik kesimpulan dikatakan berhasil.
Downloads
References
Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru, Cet.VIII; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mustofa, Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Dua Satria Offset.
Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cet.III. Jakarta; Kencana.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet.25; Bandung: Alfabeta.
Razin, Abu. Razin, Ummu. 2015. Ilmu Nahwu Untuk Pemula. Jakarta : Pustaka Bisa.
Razin, Abu. Razin, Ummu. 2014. Ilmu Sharfu Untuk Pemula. Jakarta : Pustaka Bisa.
Taimiyah, Abdullah bin Al Harani Ad-Dimasyqi. 1999. Iqtidha ash-Shiraath al-Mustaqiim, Mukhaalafatu Ashhaab al-Jahiim, Vol.VII (Digital Liberary : Maktabah Syamilah). Beirut: Dar Alam Books.
Warson, Ahmad Munawir. 1997. Kamus Arab-Indonesia,Cet.XIV. Surabaya: Pustaka Progressif.
Zulhannan. 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Cet.I. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Arifa Zakiyah dan Chamidah Dewi. “Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map Untuk Tingkat Perguruan Tinggi”. Jurnal ( Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Abdul Wahab Laode. “Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map untuk STAIN Kendari”. Jurnal (Kendari: STAIN Kendari)
Abdul Wahab Laode. “Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Stain Kendari (Analisis Problem dan Solusinya)”. Jurnal (Kendari: STAIN Kendari)
Karim Abdul.” Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping”. Jurnal (Kudus: STAIN Kudus ).
Falah Ahmad. ”Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Mind Map Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Arab Pada Tingkat Madrasah”. Jurnal (Kudus: STAIN Kudus ).