PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD BILAL BIN RABAH

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pembelajaran, Bahasa, Arab, Ma’had

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Bilal Bin Rabah mengikuti standar pembelajaran yang ada di Ma’had al-‘ulum al-Islamiyyah wal ‘Arabiyah fi Indunisia atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA), yang bertujuan untuk  “Menjadi Ma’had Bahasa Arab yang terkemuka dan model dalam memajukan dan memadukan pendidikan bahasa Arab, dakwah, dan pengabdian masyarakat”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Bilal Bin Rabah ditempuh dalam dua tahun setengah dengan menggunakan buku paket yang telah disediakan mulai dari semester tamhidi (pra), kemudian semester satu, dua, tiga, dan empat. Juga ditekankan di setiap level ini diajarkan empat kemahiran yaitu kemahiran istima' (mendengar), kemahiran Al Kalam (berbicara), kemahiran qira’ah (membaca), dan kemahiran kitabah (menulis). Dengan demikian apabila mahasiswa telah selesai menempuh jenjang perkuliahan, diharapkan dapat memahami bahasa Arab, berbicara bahasa Arab, membaca tulisan-tulisan yang berbahasa Arab, dan dapat menulis bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhammad Fuad Abdil Baaqii, “al-Mu’jamul Mufahras Lil al-Fadzil Qur’aanil Kariim,” (Bairut: Daarul Fikri, 2000).
Maktabah asy-Syamilah, Abul Fida ismail bin Umar bin katsir al-Qurasyi al-Bashri ad-Dimasyqi, “Tafsir al-Qur’an al-‘Adziim,” (Dar ath-Thayyibah, Cet.2, 1999).
Maktabah asy-Syamilah, Jalaluddin Muhammad bin Ahmad al-Mahalli dan Jalaluddin Abdurrahman Bin Abi Bakr as-Suyuthi, “Tafsir al-Jalalain,” (Kairo: Daarul Hadis, Cet.1, Juz 1).
Maktabah asy-Syamilah, sulaiman bin Abdullah bin Muhammad bin abdul wahab, “at-Taudhiih ‘an Tauhidil Khalaaq fii Jawaabi Ahlil ‘Iraaqi wa Tadzkiratu ulil albaabi fii Thariiqati asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul wahab,” (Riyad: Daar Thayyibah, Cet.1, Juz 1, 1984).
Asy-Syaikh Muhammad ‘Ali ash-Shaabuunii, “at-Tafsiir al-Waadhih al-Muyassar,” (Bairut: al-Matabah al-‘Ashriyyah, Cet.9, 1429 H/2008 M).
Ismail Suardi Wekke, “Model Pembelajaran Bahasa Arab,” (Yogyakarta: CV Budi Utama, Cet.1, 2014).
Abdul Wahhab as-Sayyid ‘Audhullah dan Muhammad ‘Abdul ‘Aziz al-Qalmawa, “al-Mu’jam al-Wasiith,” (Qahira: Mathobi’ ad-Daar al-Handasiyah, Juz 2, Cet.3, 1405 H/1985 M).
Ahmad Warson Munawwir, ditelaah dan dikoreksi KH. Ali Ma’shum dan KH. Zainal Abidin Munawwir “Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap,” (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997).
Ismail Suardi Wekke, “Dukungan Sosial, Optimisme dan Prestasi Belajar Bahasa Arab: Laporan Penelitian Individu,” (Makassar: UIN Alauddin Press, 2011).
Profil Ma’had Bilal Bin Rabah 2017.
Profil Asia Muslim Charity Foundation (AMCF).
Profil Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.
Naji Tamar dan Abdurrahman Bin Barikah, “al-manahij at-Ta’limiyah wa at-Taqwim at-Tarbawi”, https://www.academia.edu.
S. Nasution, “Pengembangan Kurikulum,” (Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2003).
Naji Tamar dan Abdurrahman Bin Barikah, “al-manahij at-Ta’limiyah wa at-Taqwim at-Tarbawi”, https://www.academia.edu.
Peter F. Oliva, “Developing The Curriculum,” (Boston: Little, Brown and Company, 1982).
Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, “Pembinaan dan pengembangan kurikulum,” (Jakarta: Bina Aksara, 1986).
Carter V. Good, ed., “Dictionary of education, third edition,” (New York: McGraw Hill, 1973).
Abdul Wahhab as-Sayyid ‘Audhullah dan Muhammad ‘Abdul ‘Aziz al-Qalmawa, “al-Mu’jam al-Wasiith,” (Qahira: Mathobi’ ad-Daar al-Handasiyah, Juz 2, Cet.3, 1405 H/1985 M).
Published
2022-02-26