Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong

  • zulkifli zulkifli Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jumadi Jumadi
Keywords: Strategi, Pembelajaran, Keterampilan, Bahasa, Arab, Ma’had

Abstract

Dalam berbicara bahasa Arab tentunya terdapat kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam proses berbicara bahasa Arab. Diantar kendala tersebut lawan bicara tidak memahami maksud pertanyaan yang diberikan kepadanya, belum tumbuh kemauan dan semangat berbicara bahasa Arab, kurang menyimak dan membaca, kurang kosa kata, tidak mempraktekkan kosakata yang dihafal sehingga lupa, timbulnya rasa malas belajar, ungkapan yang dituturkan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Kendala-kendala tersebut sebagai penghambat mahasiswa untuk tidak berbicara bahasa Arab, maka dibutuhkan strategi belajar bahasa Arab khususnya berbicara bahasa Arab, baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun yang dilakukan oleh pengajar bahasa Arab. Tujuan daripada penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan keterampilan berbicara bahasa Arab yang dimiliki oleh mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah, apakah dapat berbicara bahasa Arab dan bagaimana langkah-langkah yang dilakukan agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab bagi mahasiswa.

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripftif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket wawancara menggunakan google form. Setelah mendapatkan data dari hasil wawancara melalui angket, selanjutnya dengan data tersebut diorganisasikan, dipilah kemudian diolah, disajikan dengan proses editing, juga mengambil intisari dari data yang didapatkan.

Mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah sangat ditekankan untuk latihan berbicara bahasa Arab. Upaya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah dengan pemberian kosakata (mufrodat) dan mengembangkannya, ceramah atau pidato bahasa Arab, percakapan (muhadatsah) harian, memaksa mahasiswa untuk berbicara. memperaktikkan percakapan kepada sesama mahasiswa, menghafal percakapan. Membiasakan mahasiswa tampil di depan berbicara bahasa Arab sesuai dengan tema tertentu

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19