Implementasi Metode Eklektik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Menguasai Ketrampilan Menyimak Dan Membaca Di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo

  • Jumadi Jumadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Zulkifli zulkifli Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode Ekletik, Pembelajaran Bahasa Arab, Kererampilan Menyimak, Membaca

Abstract

Seorang pengajar dituntut untuk memaksimalkan kreativitas agar proses belajar mengajar berjalan secara aktif, efektif dan menyenangkan. Untuk memaksimalkan kretifitas tersebut hendaknya seorang pengajar harus memiliki model pembelajaran yang kiranya relevan untuk diimplementasikan di dalam pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab untuk menguasai ketrampilan menyimak dan membaca di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi metode eklektik, apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi serta solusinya pada implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab untuk menguasai ketrampilan menyimak dan membaca di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Hasil belajar bahasa Arab digunakan untuk mengetahui keterampilan atau kemampuan pembelajaran bahasa Arab dalam menyimak dan membaca di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eklektik berpengaruh pada hasil evaluasi siswa. terbukti hasil nilai  rata-rata ujian semester dari kelas satu dan dua adalah 7,15%. Angka ini dalam  kategori efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

عبد الرحمن الفوزان. (۲٠١٥). إضاءات لمعلمي اللغة العربية لغير الناطقين بها. الرياض: شركة بوابة المستقبل الإعلامية.

Acep Hermawan. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

A.Fajar Awaluddin. (Desember 2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Ma’had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone. Didaktika Jurnal Kependidikan, Vol. 12, No. 2. Fakultas Tarbiyah IAIN Bone.

Ahmad Izzan. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Anwar Abd. Rahman. (2011). Pengajaran Bahasa Arab dengan Metode Eklektik. Jurnal Adabiyah, Vol. 11, No. 1. UIN Alauddin Makassar.

Alvia Putri Prima Sari. (Desember 2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Qawaid & Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual dan Metode Gabungan. Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 3, No. 2. IAI DALWA (Darullughah wad Da’wah) Bangil.

Burhan Bungin. (2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fathur Rohman. (Juni 2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Arabiyat, Vol. l, No. 1.

Leti Iriani (2015), Penerapan metode ekletik dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di SMA Islam Rigotengan Tulungagung dan SMA Islam Aswaja Onut. Tesis

Muzakki, A. P. A. M. (2022) ‘Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Qawaid Melalui Metode Mind Map Bagi Mahasiswa Tamhidy Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong Tahun Ajaran 2018/2019’, PAIDA, 1(1), pp. 40–59.

Mastur Faizi, Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid, DIVA Press: Jogjakarta, 2013

Nashruddin Idris Jauhar. (2014). طرق تدريس اللغة العربية للناطقين بغيرها . Diambil pada tanggal 29 Mei 2020, dari http://lisanarabi.net

Rifa'i, A. (2015). Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah (Metode Eklektik) Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Kediri 1. Realita, 13(2), 162-172.

Sinta Sundari. (2018). Penerapan Metode Eklektik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Putri Pada Materi Pengenalan Angka Arab Di Mts Nurul Iman Kota Jambi. Skripsi.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.

Ulin Nuha. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Wina Sanjaya. (2009). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Published
2022-08-19