Strategi Dosen Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Non-Muslim Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami mahasiswa non-muslim dalam pembelajaran bahasa Arab dan strategi apa yang dilakukan dosen untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa non-muslim dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa non-muslim mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran bahasa Arab di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, yang meliputi kesulitan belajar bahasa bentuk linguistik dan non linguistik. Kesulitan belajar bahasa bentuk lingusitik merupakan kesulitan dalam memahami struktur bahasa, mencakup kesulitan belajar dari segi ashwat (bunyi), nahwu sharaf (tata bahasa), mufradat (perbendaharaan kata), dan ‘imla (tulisan). Kesulitan belajar bentuk non-linguistic yang meliputi kesulitan belajar yang disebabkan faktor mahasiswa non-muslim itu sendiri, guru, sarana prasarana yang kurang memadai, serta alokasi waktu yang minim. Untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik non-muslim,dosen melakukan strategi berupa mengidentifikasi latar belakang peserta didik non-muslim, memberikan penjelasan tentang bahasa Arab sebagai bahasa Internasional, mengenalkan huruf hijāiyyah dan bunyi huruf, menulis dengan tiga tulisan (huruf Arab, bacaan latin dan artinya), mengulang materi pembelajaran, dan memberikan motivasi.
Kata Kunci : strategi dosen, kesulitan belajar, bahasa Arab, non-muslim
Downloads
References
Arif Aji, Dosen Bahasa Arab, wawancara oleh penulis di UNIMUDA Sorong, 31 Desember 2022.
Chariri, A. (2009). Landasan filsafat dan metode penelitian kualitatif.
Gani, A. A., & Saddam. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4 . 0. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Jamilah, W. (2022). Aktivitas Corporate Social Responsibiliti (CSR) PT. Sinar Halomoan Dalam Mengembangkan Fasilitas Pendidikan di Desa Pasir Jae Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. In SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU 2022.
Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2015). Buku Ajar.
Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2021). Aabic Festival 2020: Gebyar Apresiasi Khazanah Araby (Gaza) “Mengukuhkan Kemampuan Bahasa Arab di Tengah Pandemi.” Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 26(2), 173–180.
Muzakki, M., Gani, A., & Zulkifli, Z. (2021). Problematika yang Muncul pada Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 91–100. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.4
Nurhayati, C. (2020). Tikrar Dalam AL-Qur’an (Analisis Pengulangan Ayat Inna Fi zalika La Āyah Wama Kana Aksarahum Mu’minin Dalam Surat AL-Syuro’). SKRIPSI UIN SYARIF HIDAYATULLAH.
Nurjana, N. (2022). Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban Islam. Jurnal Literasiologi, 8(4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.393
Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol., v(1).
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 2(2), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Salim, L. (2015). Peranan Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan. Jurnal Adabiyah, 15, 168–176.
Syaifudin, M. (2022). Pengembangan Bahasa Arab Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Wangkal Krembung Sidoarjo. Jurnalstitnualhikmah, 4(1), 112–139.
Umam, M. D. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 131–134.
Veti Nur Fatimah. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Ssiswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Skripsi PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 63(2), 1–3.
Wahyuni, I. (2017). Bahasa Arab Dalam Konteks Simbol Agama. Jurnal Pemikiran Islam, 3(2), 78–92.