Penerapan Tutor Sebaya Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Asrama Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong

  • zulkifli zulkifli Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Maryama Maryama Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Tahfidz, Al-Qur’an, Tutor Sebaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan tutor sebaya dalam menghafal al-Qur’an di Asrama Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang diberikan Miles and Huberman dan Spradley. Hasil penelitian menunjukan bahwa tutor sebaya memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan hafalan santri, bukan hanya sekedar menerima hafalan santri tetapi lebih dari itu yaitu senantiasa memberikan semangat, motivasi dan bimbingan kepada santri, disamping itu juga suasana nyaman di asrama menjadikan santri bersemangat dalam menghafal al-Qur’an. Keberhasilan santri dalam menghafal al-Qur’an, rata-rata mencapai target dalam artian dapat memenuhi target yang ditentukan oleh penyelenggara bahkan ada yang memiliki hafalan al-Qur’an melebihi target yang sudah ditetapkan. Walaupun dalam proses menghafal al-Qur’an berbagai macam kendala yang dihadapi oleh santri namun para santri mampu melewati tantangan tersebut dengan baik dan berhasil meraih target yang sudah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-17