Kontribusi IPNU dan IPPNU Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Nonformal di Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kontribusi Organisasi IPNU dan IPPNU dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal di Kota Sorong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi organisasi yang diberikan IPNU-IPPNU dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal di Kota Sorong berupa kebutuhan finansial, program kerja, sumbangan ide, tenaga dan juga kepemimpinan. Hal tersebut dapat dilihat dari terlaksananya kegiatan IPNU-IPPNU, seperti: khotmil Qur’an, latihan Al-Barzanji, pengajian bulanan, pelatihan tilawah Qur’an, kegiatan peringatan hari-hari besar Islam. Dalam melaksanakan kegiatan tidak semua dapat berjalan dengan baik, terdapat beberapa factor pendukung serta faktor penghambat. Dari segi faktor pendukung IPNU-IPPNU mempunyai dukungan penuh dari sesepuh maupun pembina, serta badan otonom (banom) PCNU dalam melaksanakan kegiatan dan memiliki beberapa koneksi dari beberapa instansi, sekolah maupun pemerintahan daerah. Adapun faktor penghambat yang dimiliki IPNU-IPPNU yakni berupa kurangnya dana, sikap acuh tak acuh dari masyarakat sekitar, kemajuan teknologi, perizinan dari orang tua, serta jarak yang ditempuh dalam kegiatan. Sedangkan solusi yang diberikan IPNU-IPPNU berupa; melakukan upgrade sistem kelembagaan secara nasional berbasis kinerja (program), profesionalisme organisatoris, adaptasi teknologi, optimalkan program kerja, penguatan kapasitas SDM, serta mengembangkan kemandirian ekonomi.