Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 8 MTS Ma’arif NU 1 Kemranjen, Banyumas

  • Idam Mustofa Universitas Darussalam Gontor
  • Saiful Anwar Universitas Darussalam Gontor
  • Arga Haifah Universitas Darussalam Gontor
  • Jaziela Huwaida Universitas Darussalam Gontor
  • Muwahidah Nurhasanah STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
Keywords: Fiqih, Metode Pembelajaran Brainstorming, Hasil Belajar

Abstract

Beberapa factor yang menyebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran, berpusat pada guru saja dan menggunakan metode ceramah berdampak pada penurunan nilai dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 8 Mts Maarif NU 1 Kemranjen Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Metode Eskperimen dengan True Experimen design. Populasi kelas 8 Mts Maarif NU 1 Kemranjen Banyumas dan sampel yang berjumlah 68 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan spss 25. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar kelas 8 Mts Maarif Nu 1 Kemranjen Banyumas melalui pretest dan posttest. Peneliti menggunakan uji Mann Whitney dengan nilai sebesar Asymp.Sig (2-tailed) yaitu 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 dapat dilihat bahwasannya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan kesimpulan peneliti mengajukan beberapa saran bahwa: 1) Kepada guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran Brainstorming pada pelajaran Fiqih karena terbukti dapat meningkatkan serta mempengaruhi hasil belajar dan nilai siswi. 2) Sekolah atau Lembaga MTS Maarif NU 1 Kemranjen Banyumas agar dapat menginovasi metode pembelajaran yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah. (2018) “Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI MA Al-Fatah Palembang”.
Anwar, Saiful, Fitri Siyami, Wulan Noviyanti Asyarah, Frida Avid Khusnul Khotimah, and Naila Nahdlia Ifada. (2020) “Peningkatan Hasil Belajar Materi Tarikh Islam Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Metode Mind Mapping.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01
Dr. Kadir M.Pd. (2016) Statistika Terapan. Edited by octiviena. 3rd ed. depok: PT. Rajagrafindo persada, n.d.
Drs. E. Syamsudin. (2011) “Buku MKDU- Fiqih Puasa.Pdf.” In Hamada Prima, 63.
Fitriani, Novia. (2021) “Penerapan Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Made, Ni, Sri Ayu, Hartini Fadhlina, Maria Denok, Bekti Agustiningrum, Sonya Fiskha, Dwi Patri, Novita Ratnasari, and Dwi Purbowati. (2022) Metode & Teknik Pembelajaran.
Muhammad Afandi, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. (2013) Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press. Vol. 180.
Muttaqin, Nizham Mahmudi, Saiful Anwar, Jasirawati Jasirawati, Hajizah Indah, Ilmiya Nafi’ah, and Salsabilla Nafis. (2020) “Application of Magic Card Media to Improve Student Learning Outcomes in Tarekh Islam Subject Class 1 KMI Modern Islamic Institution Darussalam Gontor.” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (n.d.):
Nafiati, Dewi Amaliah. (2021) Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Humanika.
Primanita sholihah rosmana, sofyan iskandar, faddyasinta sahnabila rahmadika, intan fadila, isna alifia aghniyah, rifa aminah salsabila. (2023) “Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Kelas 4 Di SDN 2 Sindangkasih.” Pendidikan Tambuasi 7, no. 2: 5762.
Prof. Dr. Sugiyono. (2020) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Alfabeta Bandung 2020,
Tampubolon, Rismawaty. (2020) “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 164319 Tebing Tinggi.” School Education Journal Pgsd Fip Unimed 10, no. 3:
Published
2024-02-22