Upaya Guru Qur’an Dalam Menangani Problematika Hafalan Al-Qur'an Siswa Kelas VIII DI SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong
Abstract
Menghafal al-Qur’an tidaklah mudah, kerumitan didalamnya menyangkut ketetapan membaca dan pengucapan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu guru memiliki peran penting terhadap keberhasilan seorang siswa dalam menghafal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru Qur’an dan hambatan-hambata yang dihadapi guru dalam menangani problematika hafalan al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPIT Alam Mutiara Insan. Sekolah tersebut dikenal sebagai Lembaga yang memiliki program unggulan dengan target hafalan al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru Qur’an, siswa kelas VIII dan orang tua siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami, kemudian data analisis dan diambil kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam menangani problematikan hafalan al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPIT Alam Mutiara Insan yaitu : 1) Memberikan motivasi dan arahan kepada siswa. 2) Menggunakan metode heuristik dan talaqqi. 3) Relasi guru dan orang tua siswa. 4) Mengingatkan siswa untuk tetap murojaah. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam menangani problematika hafalan siswa kelas VIII yaitu:1)Terbatasnya waktu pembelajaran. 2) Guru kurang mahir membaca al-Qur’an. 3) Adanya rasa malas pada diri siswa. 4) Adanya siswa yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik. 5) kurangnya motivasi dalam diri siswa. 6) Kurang tertibnya siswa.