Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Aimas

  • Abdul Gani Universitas pendidikan muhammadiyah sorong
  • Lutfi Darmanto, lutfi Universitas pendidikan muhammadiyah sorong
  • Muhammad Muzakki
  • Bahaking Rama Universitah Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuddhuha Saleh Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Problematika Pembelajaran

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Aimas. Pada implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik melalui pengecekan berbagai sumber data, cara dan waktu untuk perolehan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an berjalan cukup baik. Kaitannya dengan program Baca Tulis Al-Qur’an terhadap siswa, peran kepala sekolah, guru pengampu dan peran orangtua dapat memberikan kontribusi besar dalam proses pembelajaran Al-Qur’an siswa tersebut mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca, menulis dan hafalan Al-Qur’an siswa yang tentunya sesuai dengan kaidah tajwid, pedoman menulis Al-Qur’an dan target hafalan yang telah ditentukan oleh sekolah. Adapun faktor pendukungnya yaitu fasilitas yang memadai, guru yang berkompeten serta semangat tinggi pada siswa. Faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa bervariasi, keterbatas waktu, program terhenti karena pandemi serta siswa yang kurang mendapatan perhatian dari orangtunya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-13