Peran Program Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Literasi Al-Qur’an Siswa SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Sorong

  • Muhammad Muzakki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Wasitah Wasitah Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong
  • Arif Pramana Aji Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong
  • Bahaking Rama Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsudduha Saleh Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Program tahfidz dan tahsin al-Qur’an, literasi al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program  tahfidz dan tahsin al-Qur’an terhadap peningkatan literasi al-Qur’an siswa SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Sorong dan untuk mengetahui peningkatan literasi al-Qur’an pada siswa melalui program tahfidz dan tahsin  al-Qur’an tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua berdiri tahun 2019 dengan menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan al-Qur’an dengan program unggulannya yaitu tahfidz dan tahsin al-Qur’an. Program ini dapat meningkatkan literasi al-Qur’an siswa dengan adanya proses penerapan tahfidz dan tahsin al-Qur’an secara rutin, didukung dengan sarana dan prasarana yang baik, pengajar yang mahir dibidangnya serta dukungan dari orang tua mampu menjadikan siswa cinta dengan al-Qur’an sehingga dapat menghafal al-Qur’an secara mandiri dan memiliki hafalan yang baik. Meskipun tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat, namun program tahfidz dan tahsin al-Qur’an pada saat ini mampu menarik perhatian masyarakat dalam memenuhi  kebutuhan  literasi al-Qur’an anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-14