Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretes-posttest nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Sorong yang terdiri dari 11 kelas dan diambil secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu, kelas IX A dan kelas IX C. Instrumen penelitian meliputi angket, tes, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar penggunaan media pembelajaran. Namum instrumen yag dijadikan untuk menilai variabel terikat yaitu, instrumen angket minat belajar matematika dan instrumen tes hasil belajar. Uji yang digunakan untuk mnguji kelayakan dari instrumen penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas instrumen (expert juggement) dengan menggunakan 3 validator yaitu 2 expert judgement matematika dan 1 expert judgement guru matematika. Hasil uji validitas instrumen menyatakan bahwa instrumen yang digunakan peneliti layak digunakan dengan catatan revisi. Uji reliabilitas menggunakan uji alpha cronbach’s. Untuk menguji bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran lebih efektif dari pada pembelajaran yang dilakukan secara langsung dianalisis menggunakan MANOVA dengan syarat data berdistribusi normal dan homogen dan dilanjutkan menggunakan uji independen sampel t-test untuk mediskripsikan peningkatan dianalisis mengunakan uji score gain ternormalisasiUji normalitas yang digunakan dengan melihat nilai analisis Box’M pada uji MANOVA, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran dan pembelajaran yang dilakukan secara langsung sama baiknya dalam memberikan pengaruh ditinjau dari minat belajar peserta didik. Sedangkan, pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran mempunyai pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan pembelajaran yang dilakukan secara langsung.
Kata Kunci : media pembelajaran, minat belajar, hasil belajar peserta didik.