ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar matematika berdasarkan kecerdasan majemuk pada peserta didik kelas VIII? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa gambaran tentang minat peserta didik kelas VIII berdasarkan kecerdasan majemuk. Banyaknya subjek dalam penelitian ini adalah tiga kelompok, dengan perincian setiap subjek untuk masing-masing kategori domain interaktif, analitik, dan introspektif. Selanjutnya hasil tes kecerdasan majemuk tersebut dianalisis untuk mengetahui kecerdasan dominan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Setelah peneliti mengetahui kecerdasan yang dominan pada masing-masing peserta didik, kemudian dikelompokan berdasarkan jenis kecerdasan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes kecerdasan majemuk untuk melihat kecerdasan dominan yang dimiliki peserta didik, angket yang diberikan setelah subjek diperoleh untuk melihat minat dari subjek dan pedoman wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi, penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan interaktif adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian. Minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan analitik adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian subjek dalam mengikuti pembelajaran matematika. Minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan introspektif adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian dalam proses pembelajaran.