PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN ENDED BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Deni Lius
  • Sahidi Sahidi

Abstract

Open ended adalah salah satu cara penyajian berbagai macam pendekatan yang mungkin untuk menyelesaikan soal atau adanya berbagai macam kemungkinan jawaban yang memiliki lebih dari satu jawaban atau cara penyelesaian yang benar.  Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal. Penelitian ini bertujuan : untuk menghasilkan soal-soal open ended yang valid dan praktis pada materi segitiga dan segiempat di SMP dan  untuk melihat efek potensial soal-soal open ended terhadap matematika peserta didik pada materi segitiga dan segiempat di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.A SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, dan tes soal open ended berbasis kearifan lokal. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal open ended berbasis kearifan lokal pada materi segitiga dan segiempat untuk peserta didik  kelas VII SMP yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten , konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal open ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada peserta didik small group. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana sebagian  peserta didik  dapat menyelesaikan soal open ended berbasis kearifan lokal yang diberikan,  prototype 2 dari hasil tes small group dengan nilai persentase  40,5% dan pada prototype 3 soal open ended yang dikembangkan memilki efek potensial yang kurang efektif bagi peserta didik dengan presentase persen 26,7%, hal ini terlihat dengan kurangnya beragam solusi jawaban dari peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-05