PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 10 RAJA AMPAT

  • Dosma Septiana Maharaja
  • Heny Sri Astutik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan berbantu alat peraga terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Raja Ampat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs. Desain penelitian ini menggunakan model One-Group Pretest-Posttest Design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest sebesar 68,18 jauh lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 35,45. Jika dilihat dari hasil skor N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,51 yang terletak antara rentang 0,30 – 0,70 dan termasuk dalam kategori sedang. Uji One Sample t-test  untuk angket diperoleh thitung > ttabel yaitu 21,910 > 2,228 dengan sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan untuk posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,105 > 2,228 dengan sig < 0,05 yaitu 0,011 < 0,05. Dari hasil uji One Sample t-test menunjukkan bahwa H1 dterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu alat peraga terhadap peningkatan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Raja Ampat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-14