PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERUPA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWER POINT PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran menggunakan power point pada materi trigonometri kelas X SMK Muhammadiyah Aimas. Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tesebut. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design Research. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran menggunakan power point pada materi trigonometri untuk kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Aimas dinyatakan layak dan valid, dengan hasil rata-rata penilaian ahli media sebesar 3,66 dan ahli materi sebesar 3,71; 2) Penilaian uji kepraktisan media pembelajaran berupa video pembelajaran menggunakan power point pada materi trigonometri untuk kelas X SMK Muhammadiyah Aimas, mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,407 disimpulkan pada kategori “sangat praktis”; 3) Berdasarkan hasil uji keefektifan media pembelajaran berupa video pembelajaran menggunakan power point pada materi trigonometri disimpulkan pada kategori efektivitas tinggi, dengan nilai effect size sebesar 1,2, presentase sebesar 88% di kelas X SMK Muhammadiyah Aimas.