Analisis Persiapan Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persiapan guru dalam mengembangkan bahan ajar pada mata Pelajaran Matematika di SDN 3 Jatibanteng, dengan fokus pada guru kelas 6. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Wawancara difokuskan pada pemahaman guru tentang pengembangan bahan ajar Matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhi persiapan mereka, sementara observasi bertujuan mengevaluasi persiapan guru di kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan ketergantungan guru pada bahan ajar komersial dan mencerminkan kurangnya kreativitas dalam pengembangan materi. Meskipun terdapat kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk pengembangan bahan ajar inovatif. Guru menunjukkan penguasaan teknis Matematika, tetapi aspek kreatif, interaktif dan berpusar pada siswa masih perlu diperbaiki. Kendala waktu, sumber daya, pelatihan dan dukungan sekolah menjadi tantangan. Wawancara dengan guru dan Kepala Sekolah menunjukkan kesulitan guru dalam mengembangkan bahan ajar, perlu pelatihan khusus dan dukungan sekolah. Perlunya upaya bersama antara guru, sekolah dan instansi terkait untuk meningkatkan kualitas persiapan guru. Saran untuk meningkatkan persiapan guru termasuk penguatan pemahaman Kurikulum 13, pengembangan bahan ajar kreatif, pemanfaatan teknologi, kolaborasi dan dukungan dari sekolah dan Dinas Pendidikan. Implementasi saran ini diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika sesuai Kurikulum 2013 di SDN 3 Jatibanteng.
Downloads
References
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4), 2415-2422, from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241.
Anita Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, K. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 59-68, from http://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/658.
Aryzona, E. F., Asrin, A., Syazali. M. (2023). Analasis Kompetensi Guru dan Desai Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. JIPP: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424-432, from http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1156.
Az-zahra, I.R., Simatupang, N.A., Tanjung, N.H., Siregar, W.D., Sari, N., Harahap A. I., & Landong, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model PJBL Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Innovative: Jurnal of Social Science Research (Special Issue), 3(2), 10427-10437, from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1417.
Dari T. W., Harahap, F. A., Sembiring, br, J., Kurniawan, R., Manik, Y., D., Khoiry, M., & Fitria, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model RME Terhadap AKtivitas Belajar Siswa Kelas IV SD. Innovative: Jurnal of Social Science Research (Special Issue), 3(2), 10438-10450, https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1197.
Guretno, M.A., & Tarmizi, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IV SDN Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 106-118, from https://ejournal.unib.ac.id/juridikdasunib/article/view/18755 .
Jamjemah, J., Djudin, T., Erlina, E., & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 46 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 119-127, form http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/1722.
Kokasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Rawamangun: PT Bumi Aksara.
Lubis, M.A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Mega, W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD/MI. from http://repository.radenintan.ac.id/31298/ .
Melani, S., Amaliyah, A., & Rini, C.P. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V SDN Sudimara 13 Ciledug Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 6-15, from https://www.ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/42 .
Nur, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Literasi Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V MI. from https://www.ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/42 .
Nurcahyono, N. A. (2023). Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 1-10, from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jciee/article/view/5308 .
Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: Kekata Publisher.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Rawamangun: Pernadamedia Group.
Sembiring, I. M., Landong, A., Hafit, R.A., Siregar, A, I., Pohan, S., L., & Hanum, G. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bilangan Bulat Menggunakan Model PBL Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD. 3(2), 10427-10437, from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1834 .
Wiguna, I. K., Suastika, I. N., & Nirmayani, L, N. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10(1), 178-183, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/43232 .