PEMBERDAYAAN MELALUI PELATIHAN PEMASARAN PRODUK UMKM OMAH JENANG BLITAR DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Joan Hesti Gita Purwasih UM
  • Kiki Amelia Sari Universitas Negeri Malang
  • Luhita Rizkiyana Madhanni Universitas Negeri Malang
  • Anugrah Mahirah Al Kharisma Universitas Negeri Malang
  • Rita Arsyantie Universitas Negeri Malang
  • Bella Fadhilatus Sanah Universitas Negeri Malang
  • Munti Kurnia Ningsih Universitas Negeri Malang
Keywords: UMKM ,COVID-19, pengabdian, masyarakat, pemasaran

Abstract

Desa UMKM Rejowinangun ialah salah satu desa di Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar yang terdapat berbagai macam usaha mikro  kecil dan menengah. Salah satunya adalah Omah Jenang Blitar yang memproduksi berbagai jenis jenang ketan khas Blitar secara mandiri. Namun, semenjak mewabahnya COVID-19 di Indonesia pendapatan mereka mengalami penurunan karena adanya berbagai kebijakan selama pandemi, seperti  penerapan PSBB oleh pemerintah setempat yang menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung Omah Jenang Blitar sebagai pusat oleh-oleh dan wisata edukasi. Adanya permasalahan tersebut memerlukan sebuah strategi agar produk UMKM tetap laku di pasaran meskipun terhambat pandemi COVID-19. Sehingga strategi pemasaran produk UMKM perlu digencarkan. Metode yang dilakukan yaitu dengan pemetaan media sosial, sosialisasi, praktik fotografi produk UMKM, evaluasi kegiatan, monitoring dan pemasaran. Program pengabdian bertujuan untuk memberikan solusi mengenai strategi pemasaran yang dapat memulihkan perekonomian masyarakat. Hasilnya UMKM Omah Jenang semakin dikenal masyarakat luas sehingga produk yang ada semakin laku di pasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kiki Amelia Sari, Universitas Negeri Malang

Sosiolologi 

Luhita Rizkiyana Madhanni, Universitas Negeri Malang

Sosiologi

Anugrah Mahirah Al Kharisma, Universitas Negeri Malang

Sosiologi

Rita Arsyantie, Universitas Negeri Malang

Sosiologi

Bella Fadhilatus Sanah, Universitas Negeri Malang

Sosiologi

Munti Kurnia Ningsih, Universitas Negeri Malang

Sosiologi

Published
2021-07-12