Sosialisasi Pengelolaan Potensi Desa Melalui Bumdes

  • Muhammad Arfan Harahap STAI JAMAIYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA
  • Anjur Perkasa Alam STAI JAMAIYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA
  • Muhammad Saleh STAI JAMAIYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA
  • Cici Arianti STAI JAMAIYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA
  • Dimas Johadi STAI JAMAIYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA
  • Wirdany Windyani STAI JAMAIYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA
Keywords: Manajemen, Potensi, Bumdes

Abstract

Desa Pematang Serai, Kec.Tanjung Pura, Kab. Langkat berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Tanjung Pura. Kondisi masyarakat mayoritas berprofesi sebagai petani, nelayan dan pedagang/pengrajin tentunya membutuhkan kelembagaan desa yang mampu menampung potensi masyarakat dan potensi alam Desa Pematang Serai agar dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat yang berpenghasilan minim dan tidak menentu. . Hal ini dikarenakan wilayah desa Pematang Serai dekat dengan laut. Dan potensi yang bisa diolah di desa ini adalah sebagai berikut:

  1. Sumber air. Meskipun desa Pematang Serai terletak di pedalaman dan dekat dengan laut, namun memiliki sumber air yang melimpah yang dapat digunakan untuk mengairi sawah. Kekurangannya adalah warga kurang (memiliki jiwa) wirausaha. Jarang orang jeli melihat potensi air.
  2. Bidang pendidikan. Desa Pematang Serai ini banyak yang saat ini masih kuliah atau sekolah, bahkan ada yang sudah lulus, hanya karena pengetahuannya yang terbatas dalam hal pemanfaatan SDA dan potensi yang dapat dikembangkan masih minim, sehingga menyulitkan masyarakat untuk berinovasi dan membuat potensi desa yang dapat meningkatkan output ekonominya.
  3. Bisnis rumahan. Karena di desa Pematang Serai ini merupakan desa yang masuk ke dalam, dan tidak terletak di jalan lintas dari berbagai kota, sehingga dari segi sektor usaha rumahan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Ini salah satunya, mereka juga kekurangan jumlah usaha rumahan yang tercipta di Desa Pematang Serai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-30