Penerapan PJBL untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pengajaran Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Kegiatan pengabdian ini didasari oleh permintaan dari SMA IT (Sekolah Menengah Islam Terpadu)
Fadhilah yang meminta Tim untuk memberi kegiatan pelatihan yang berkenaan dengan penerapan Project
Based Learning (PjBL). Permintaan tersebut tentang hal-hal penting, langkah kegiatan (sintag) PjBL, luaran
dan keuntungan penggunaan PjBL ini pada bidang studi yang ada di SMA IT Fadhilah tersebut. Oleh karena
itu, tim perlu mengadakan kegiatan pelatihan penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan
kemampuan guru dalam mengajar selama pandemic covid-19. Berdasarkan analisis tersebut, pelatihan
penerapan Project Based Learning (PjBL) dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam
mengajar selama pandemic covid-19 di SMA IT Fadhilah Selanjutnya tim melaksanakan kegiatan pelatihan ini
dengan bentuk pelatihan/workshop ke sekolah tersebut dengan mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan
pelatihan ini terbagi ke dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, para peserta diberikan pembekalan tentang informasi
PjBL dengan salah satu contoh kasus mata kuliah di level perguruan tinggi. Selanjutnya, pada sesi kedua,
para peserta pelatihan diberikan lembar kerja dengan adanya bantuan sintag dari PjBL dengan mengisi
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu para peserta pelatihan ini. Pelatihan ini berjalan lancer dan para
peserta sangat antusias bertanya dan memberi tanggapan terkait PjBL ini.