GO SI MUTU (GERAKAN OPTIMALISASI SEKOLAH BERMUTU) UNTUK PAPUA

  • Sahidi Sahidi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syamsulrizal Syamsulrizal Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

SD Negeri 33 Kabupaten Sorong dihadirkan sebagai bentuk kesadaran dari tokoh adat,
tokoh pemuda, tokoh agama dan Pemerintah Kabupaten Sorong atas pentingnya pendidikan
bagi kemajuan kampung bahkan mereka berharap pendidikan dijadikan sebagai sebuah
kebutuhan bagi masyarakat kampung Suwatuk yang berada di pelosok Kabupaten Sorong,
dengan segala keterbatasannya. Atas kesadaran tersebut sekolah ini memiliki peran penting
yang sangat krusial untuk keberlanjutan pendidikan dan masa depan anak bangsa yang
tinggal di Kampung Suwatuk Distrik Makbon Kabupaten Sorong. Permasalahan yang paling
mendasar di SD Negeri 33 Kabupaten Sorong adalah kurangnya sarana dan prasarana
pendidikan, yang mengakibatkan proses pembelajaran secara tekstual sehingga berdampak
langsung pada rendahnya minat dan motivasi siswa untuk belajar ke sekolah. Permasalahan
lain yaitu adminstrasi sekolah yang tidak terarsip dengan baik, dan sekolah yang belum
terakreditasi. Dalam penerapannya GoSi Mutu dibagi menjadi dua kegiatan, yakni
pendampingan pembuatan media dan perangkat pembelajaran kontekstual bagi semua guru
kelas dan pendampingan pengarsipan/administrasi, serta persiapan akreditasi. Dampak
kegiatan dari pembuatan media dan perangkat pembelajaran kontekstual adalah perubahan
paradigrama guru terkait media dan perangkat pembelajaran kontekstual. Dampak kegiatan
pelatihan dan pendampingan akreditasi sekolah adalah bertambahnya pengetahuan dan
wawasan guru tentang akreditasi sekolah, termasuk pemahaman tentang pentingnya
akreditasi. Sekolah dapat mengetahui posisi (kekuatan dan kelemahan) sekolah untuk
persiapan akreditasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31