PENDAMPINGAN LITERASI MELALUI PROGRAM PENGUATAN BACA TULIS KELAS AWAL WILAYAH PINGGIRAN DAN TERPENCIL
Abstract
Pendampingan Litarsi Program Penguatan Baca Tulis Kelas Awal Wilayah Pinggiran Dan Terpencil Kabupaten Sorong Papua Barat bertujuan untuk melatih dan mendampingi guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dalam program literasi dengan harapan meningkatkan kemampuan baca tulis siswa kelas awal di wilayah tersebut. Hal ini perlu kita laksanakan karena mayoritas penduduk asli Kab. Sorong berada di daerah pinggiran dan dan hampir 50% belum/tidak bisa membaca. Program ini bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dan dari 8 bulan di-rencanakan, program ini. Kegiatan ini telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dengan beberapa luaran berhasil dicapai diantaranya Pelatihan Literai bagi Guru Kelas Awal, Pelatihan MBS, Pelatihan LKT dan Monitoring Tahap I, Penguatan dan Pendampingan Literasi oleh Mentor, Pelatihan & Pendampingan perpustakaan ramah anak, Pelatihan & Pendampingan startegi membaca, Monitoring dan Evaluasi II