Pelatihan Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Kelas Awal Berbasis Pendidikan Inklusif Dan Disiplin Positif Bagi 7 Perguruan Tinggi Di Papua Dan Papua Barat

  • Nursalim Nursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yeni Witdianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Pelatihan literasi baca tulis dan numerasi kelas awal berbasis pendidikan inklusif dan disiplin positif bagi 7 perguruan tinggi di Papua dan Papua Barat dimaksudkan untuk melatih 14 dosen calon pengampu mata kuliah literasi baca tulis dan literasi numerasi dari 7 perguruan tinggi di Papua dan Papua Barat. Adapun 7 perguruan tinggi tersebut diantaranya; UNBN (Universitas Nani Billi Nusantara), IAIN Sorong (Institut Agama Islam Negeri), UNAMIN Sorong (Universitas Muhammadiyah Sorong), STKIP Muhammadiyah Manokwari, STKIP Biak, UNCEN Jayapura (Universitas Cendrawasih Jayapura), dan USWIM (Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire). Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dibagi tiga tahap, yaitu pengondisian, pelaksanaan, dan pendampingan. Dalam kegiatan pelatihan ini para dosen diberikan pemahaman secara teoretis tentang literasi baca tulis dan literasi numerasi, diberikan pemodelan bagaimana cara mengajar setiap komponen dalam literasi baca tulis dan literasi numerasi. Dan kemudian secara bergantian peserta mempraktikan pengajaran setiap komponen literasi baca tulis dan literasi numerasi. Setelah mengikuti pelatihan terdapat perubahan antara nilai pre-test dan post-test peserta pelatihan literasi baca tulis dan numerasi kelas awal berbasis pendidikan inklusif dan disiplin positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-23