Pengembangan Profesi Pendidikan Pada Sekolah Pengegrak Era Merdeka Belajar Di Provinsi Papua Barat Daya

  • waskito aji suryo putro UNIMUDA Sorong
  • Sugiono Sugiono Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Wahyu Retno Widiyaningsih Madrasyah Aliyah Negeri Kota Sorong
Keywords: Keywords : Pengembangan Profesi Pendidikan, Merdeka Belajar.

Abstract

Menurut Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Program Merdeka Belajar merupakan suatu Program yang lebih menitik beratkan bagaimanaseorang Pendidik bisa melihat lebih dekat kepada para anak didik yang di hadapi di satuan Pendidikan. Hal ini mendorong parapendidik untuk lebih memahami apa kemauan dari anak didik, mengarahkan anak didik dan menjadi pengayom bagi anak didik untuk lebih memantabkan apa yang akan dilakukan dimasa mendatang, khususnya dengan pendekatan yang humanis dan persuasif. Kemudian dikawinkan dengan keprofesian seorang pendidik di lingkungan satuan Pendidikan, Profesi Pendidikmerupakan profesi yang sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa, hal ini tidak lain karena posisi pendidikan yang sangatpenting dalam konteks kehidupan bangsa. Pendidik merupakan unsur dominan dalam suatu proses pendidikan, sehingga kualitas pendidikan banyak ditentukan oleh kualitas pendidik dalam menjalankan peran dan tugasnya di masyarakat. Dengan mengingat hal tersebut, maka jelas bahwa upaya-upaya untuk terus mengembangkan profesi pendidik (Guru) menjadi suatu syarat mutlak bagi kemajuan suatu bangsa, meningkatnya kualitas pendidik akan mendorong pada peningkatan kualitas pendidikan baik proses maupun hasilnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-30