PELATIHAN OLAHRAGA PERMAINAN KECIL UNTUK PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI DI KAMPUNG WEYENGKEDE

  • Hayudi Hayudi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Leo Pratama Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Permainan Kecil, Kebugaran Jasmani, Kampung Weyengkede

Abstract

Hasil observasi dan wawancara bersama kepala kampung dan pemuda setempat didapatkan bahwa masyarakat kampung terutama kaum muda belum memiliki kepedulian terhadap pola hidup sehat. Selain itu masyarakat kampung belum memanfaatkan secara maksimal permainan tradisional sebagai modal dasar dalam peningkatan kebugaran jasmani.

Permainan kecil merupakan suatu bentuk permainan yang tidak mempunyai peraturan tertentu, baik mengenai peraturan permainannya, alatnya, ukuran lapangan, maupun waktu pelaksanaaannya. Bentuk permainan kecil yang sering digunakan terdiri atas 2 yaitu permainan tanpa alat dan permainan dengan alat.

Kegiatan pelatihan olahraga permainan kecil ditujukan pada (1) Peningkatan kebugaran jasmani, (2) Sosialisasi pentingnya kebugaran jasmani dalam menunjang aktivitas sehari-hari, (3) Teridentifikasinya permainan tradisional yang dapat dikembangkan sebagai permainan yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu (1) Sosialisasi dalam bentuk penyuluhan pentingnya kebugaran jasmani bagi aktivitas keseharian dan identifikasi permainan kecil/tradisional, (2) kegiatan praktek, kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan permainan kecil/tradisional kepada masyarakat khususnya anak-anak dan remaja.

Kegiatan pengabdian sangat membantu masyarakat terutama pada anak-anak mereka. Melalui kegiatan ini anak-anak sangat tertarik untuk berolahraga dengan metode yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya, selain itu olahraga permainan kecil/tradisional yang mereka laksanakan adalah olahraga tradisional yang bersal dari budaya lokal sehingga kegiatan ini juga ikut melestarikan budaya lokal dan ikut memperkenalkan sekaligus mencintai budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-25