PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SING A SONG DAN GAMES BAGI GURU SD/MI MUHAMMADIYAH DI WILAYAH KABUPATEN SORONG

  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Aswendo Dwitantyanov Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Metode Sing a Song, Games, Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

Abstract

Mengingat pentingnya penguasaan Bahasa Inggris, maka pengenalannya sejak dini kepada anak-anak sangatlah penting. Pada pelaksanaannya Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang mudah untuk diajarkan kepada siswa Sekolah Dasar. Terdapat tiga alasan utama Bahasa Inggris sulit untuk diajarkan, yang pertama adalah kata maupun kalimat dalam Bahasa Inggris sukar untuk diucapkan karena berbeda antara penulisan dan pelafalannya. Selain itu, kurangnya kemampuan guru dalam hal penguasaan teknik maupun metode mengajar membuat siswa kurang tertarik untuk mempelajari Bahasa Inggris. Pada pelatihan ini para guru di lingkungan SD/MI Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Sorong dibekali pengetahuan bagimana mengajarkan Bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan serta mudah untuk diaplikasikan. Pelatihan dibagi dalam tiga sesi yaitu; pengenalan metode sing a song yang dilanjutkan dengan metode games dan diakhiri dengan simulasi praktek mengajar oleh masing-masing guru. Dengan pelatihan ini para peserta dapat memahami apa yang menjadi fokus pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Dasar, membuat media pembelajaran yang disesuaikan dengan metode yang diajarkan serta mempraktekkan bagaimana mengajarkan Bahasa Inggris dengan metode tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-25