OPTIMALISASI PERAN KADER KESEHATAN DALAM UPAYA PENURUNAN JUMLAH PENDERITA ISPA DI ERA PANDEMI COVID 19

OPTIMALISASI PERAN KADER KESEHATAN DALAM UPAYA PENURUNAN JUMLAH PENDERITA ISPA DI ERA PANDEMI COVID 19

  • Nanta Sigit STIKes Panti Waluya Malang
Keywords: Penyakit ISPA, dan penyuluhan dengan media Video

Abstract

Kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat “OPTIMALISASI PERAN KADER KESEHATAN DALAM UPAYA PENURUNAN JUMLAH PENDERITA ISPA DI MASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID 19” dengan bertujuan untuk mengimplementasikan program berbasis masyarakat yang memfasilitasi masyarakat dalam membentuk kelompok masyarakat peduli penurunan penderita ISPA dan menambah ilmu dan perilaku yang baik tentang penatalaksanaan ISPA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design (eksperimen semu), dengan rancangan non equivalent control group design. Pengetatuan kader dan tokoh masyarakat diukur dengan menggunakan kuesioner. Uji perbedaan menggunakan uji paired T-test.

Penelitian ini dilakukan pada 46 responden, hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum dilakukan penyuluhan yang pengetahuan baik yaitu 30,43% dan yang mempunyai pengetahuan tidak baik yaitu 69,57%. Setelah dilakukan penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan, yang berpengetahuan baik yaitu 69,57% dan yang pengetahuannya tidak baik yaitu 30,43%.

Perbedaan pengetahuan penyakit ISPA diperoleh nilai (p=0,000) menunjukaan ada perbedaan pengetahuan ISPA sebelum dan sesudah diberi penyuluhan tentang penyakit ISPA dengan menggunakan media Video dan Power Point.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-12