Meningkatkan Nilai Matematika Dengan Penerapan Metode Drill Pada Materi Keliling Dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 24 Kabupaten Sorong Tahun 2016

  • Muhammad Najib
Keywords: Nilai belajar Matematika, pembelajaran metode drill

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan nilai matematika melalui penerapan pembelajaran metode drill dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII  dengan siswa sebanyak 12 orang, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang masing-masing dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Observasi dan Tes Akhir Siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar matematika meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan metode drill selama dua siklus dengan hasil sebagai berikut: (1) Sebelum pembelajaran dengan metode drill diterapkan berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 47,75 dari nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 42. (2) Setelah  pembelajaran dengan metode drill diterapkan pada Siklus I berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 55,88 dari nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 44. (3). Setelah pembelajaran dengan metode drill dilaksanakan pada Siklus II berada dalam kategori tinggi  dengan nilai rata-rata 68,50 dari nilai tertinggi 78 dan nilai terendah 55.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
--------------------------- 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani, M.A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kardi, Soeparaman dan Mohamad Nur. 2000. Pengantar Pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: UNESA-University Press.
Tea,Tautik. 2009. Inspiring Teaching. Jakarta: Gema Insani.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Sudjana, Nana. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Published
2018-01-05