Meningkatkan Nilai Matematika Dengan Penerapan Metode Drill Pada Materi Keliling Dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 24 Kabupaten Sorong Tahun 2016
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan nilai matematika melalui penerapan pembelajaran metode drill dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dengan siswa sebanyak 12 orang, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang masing-masing dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Observasi dan Tes Akhir Siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar matematika meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan metode drill selama dua siklus dengan hasil sebagai berikut: (1) Sebelum pembelajaran dengan metode drill diterapkan berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 47,75 dari nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 42. (2) Setelah pembelajaran dengan metode drill diterapkan pada Siklus I berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 55,88 dari nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 44. (3). Setelah pembelajaran dengan metode drill dilaksanakan pada Siklus II berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 68,50 dari nilai tertinggi 78 dan nilai terendah 55.
Downloads
References
--------------------------- 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani, M.A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kardi, Soeparaman dan Mohamad Nur. 2000. Pengantar Pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: UNESA-University Press.
Tea,Tautik. 2009. Inspiring Teaching. Jakarta: Gema Insani.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Sudjana, Nana. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).