Pemanfaatan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Materi Proses Fotosintesis Siswa Kelas V Sd Inpres 68 Klasaman Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis melalui pemanfaatan metode diskusi pada siswa kelas V SD Inpres 68 Klasaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa: (a) partisipasi siswa meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 30,76% dan meningkat menjadi 84,61% pada siklus II, (b) hasil belajar siswa meningkat secara signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 66,92 dan pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 85. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut berada di atas nilai KKM.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 2000. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta. Bina Akasara
Engkoswara. 1984. Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara
Halimatus, Sa’diyah. 2010. Efektifitas Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smp Yapia Ciputat). Jakarta: UIN SHJ Press.
Mulyasa. 2004. Menjadi Guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Pustaka Book
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyati, Siti. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Pustaka Book.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryobroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).