Analisis Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Online Berbasis Aktifitas di Perguruan Tinggi
Abstract
Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk melakukan analisis terhadap respon mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah Pengelolaan Pendidikan dengan menggunakan E-learning berupa LMS yang disediakan oleh pihak kampus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan kuantitaif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah sukabumi yang mengambil mata kuliah pengelolaan pendidikan (n= 78) yang merupakan mahasiswa Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah angket respon mahasiswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen pada mata kuliah Pengelolaan Pendidikan sudah efektif, efisien, bervariasi, membantu mahasiswa memahami materi, membentuk kemandirian belajar, serta meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada penelitian ini juga diperoleh informasi berupa saran konstruktif dari mahasiswa terkait dengan pembelajaran daring yang harus dilakukan oleh dosen.selain itu mahasiswa juga menemukan sejumlah kedala terkait dengan pembelajaran daring mengunakan LMS, salah satu kendala yang paling umum adalah aksesibilitas mahasiswa dalam mengakses LMS serta beberapa fitur dalam LMS yang kurang praktis sehingga menghambat proses pembelajaran dalam LMS.
Downloads
References
Avelino, C. C. V., Costa, L. C. S. da, Buchhorn, S. M. M., Nogueira, D. A., & Goyatá, S. L. T. (2017). Teaching-Learning Evaluation on The ICNP® Using Virtual Learning Environment. Revista Brasileira de Enfermagem, 70(3), 602–609
Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Renika Cipta
Fitri, S. R, & Saenab, S. (2019). Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Humor pada Materi Genetika terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 11 Makassar. Biology Teaching and Learning, 1(1).
Guido, R. M. D. (2018). Attitude and Motivation towards Learning Physics. ArXiv Preprint ArXiv:1805.02293
He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105.
Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S. M., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., Mustari, M. I., Nasir, B. M., & Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in Big Data Era. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 13(05), 71–85.
Lederman, D. (2020) (March 18,. Will shift to remote teaching be boon or bane for inline learning? Inside Higher Ed. Retrieved from file:///D:/COVID/Most%20teaching% 20is%20going%20remote.%20Will%20that%20help%20or%20hurt%20online%20learning.html.
Mishra, L., Gupta, T. & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open. Volume 1.
Orgaz, F., Moral, S., & Dom\’\inguez, C. M. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational Psychology Propositos Y Representaciones, 6(2), 277–299.
Sahroni, O. & Nuryuniarti, R. (2020). Respon Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pancasila (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun 2020). Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.8 No.3. pp 37-41
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to coronavirus disease 2019 (COVID-19): Im- pact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12 (4), 1–6. 10.7759/cureus.7541
Sutarto, S., Sari, D.P. & Fathurrochman, I., (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol. 8, No.3, pp. 129-137
Traxler, J. (2018). Distance learning—Predictions and possibilities. Education Sciences, 8(1), 35
Williams, A., Birch, E., & Hancock, P. (2012). The impact of online lecture recordings on student performance. Australasian Journal of Educational Technology, 28(2).
Yu, B. (2019). The Predicting Roles of Approaches to Learning, L2 Learning Motivation, L2 Learning Strategies and L2 Proficiency for Learning Outcomes: A comparison between Mainland and Hong Kong Chinese Students. Educational Studies, 45(4), 520–532.
Zayapragassarazan, Z. (2020). In COVID-19: Strategies for online engagement of remote learn- ers: 9 (pp. 1–11). F1000Research. Org/. 10.7490/f1000research.1117835.1
Copyright (c) 2021 Setiono Setiono-
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).